Breaking News:

Dekranasda Kabupaten Deliserdang Gelar Festival Kreasi Motif 2021

Dekranasda Kabupaten Deli Serdang menggelar Festival Kreasi Motif Deliserdang Tahun 2021 di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Dekranasda Kabupaten Deliserdang menggelar Festival Kreasi Motif Deliserdang Tahun 2021 di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD). 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Dekranasda Kabupaten Deli Serdang menggelar Festival Kreasi Motif Deliserdang Tahun 2021 di Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD), Jalan Raya Medan-Lubuk Pakam Km- 21, Desa Tanjung Morawa-B Kecamatan Tanjungmorawa. 

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan mengatakan, Indonesia memiliki budaya dan multikultur sehingga bisa menjadi kekuatan bagi bangsa ini. 

"Jika ditelusuri bersama, batik yang menjadi world-heritage bukan hanya sekedar dilihat dari kainnya, melainkan melalui teknik dan proses pembuatannya. Batik indonesia memiliki beragam motif dengan esensi filosofi, desain yang menarik, dan nilai seni yang sangat tinggi, mengikuti perubahan zaman saat ini," ujarnya. 

ia menyampaikan, sikap keterbukaan telah banyak menyerap unsur-unsur kebudayaan sehingga bisa menjadi transformasi pada masyarakat. Namun, harus tetap bisa dipertahankan seni budaya sebagai warisan dan indentitas bangsa Indonesia. 

Karena itu, seluruh masyarakat patut berbangga punya kreasi motif batik daerah yang ditampilkan. 

"Festival kreasi motif Deliserdang yang kita selenggarakan hari ini, merupakan pertunjukkan untuk memperkenalkan, menggambarkan kekhasan budaya Deliserdang dan menjadi media dalam membangun animo masyarakat untuk mengenali, memahami dan mencintai warisan budaya yang sarat akan nilai-nilai kearifan lokal," katanya. 

Lebih lanjut, kegiatan ini bisa membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi. 

"Momentum ini sangat berharga bagi kita untuk terus melestarikan warisan budaya, karenanya mari kita berjuang bersama memajukan batik Deliserdang dengan memakai produk-produk buatan UMKM. Dan kita tanamkan dalam diri bahwa batik itu keren," ujarnya. 

Selain itu, kata dia, seluruh pihak telah berperan penting dalam wujudkan modernisasi masyarakat batik, baik sebagai pengrajin, desainer maupun pengguna. 

"Melalui festival ini, saya berharap kedepannya agar terus berkarya dalam rangka menumbuhkembangkan budaya batik Deliserdang. Sehingga, dapat menambah kekayaan dan keragaman kebudayaan, juga dapat memberdayakan perekonomian masyarakat," katanya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved