Breaking News:

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Masyarakat Diminta Tetap Prokes dan Terus Lakukan Vaksinasi

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut untuk terus mengupayakan percepatan vaksinasi bagi masyarakat yang ada di kabupaten dan kota di Sumut.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Petugas kesehatan menyuntikkan vaskin Covid-19 kepada mahasiswa di Sentra Vaksinasi Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Rabu (29/9/2021). Pemberian vaksin massal tersebut guna mendukung vaksinasi nasional dan untuk persiapan kuliah Tatap Muka mulai Oktober 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut untuk terus mengupayakan percepatan vaksinasi bagi masyarakat yang ada di kabupaten dan kota di Sumut.

Di samping itu, masyarakat diminta untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas diri.

Hal itu dilakukan mengantisipasi kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Sumut, sebab berbagai aktivitas masyarakat mulai masif belakangan ini, seperti di pusat perbelanjaan, sekolah, dan perkantoran.

"Kalau kita mempercepat vaksinasi itu yang kita lakukan. Habis itu kita berharap kedisiplinan masyarakat untuk melaksanakan prokes. Jangan pernah jenuh terapkan prokes," kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Sumut, Ismail Lubis, Rabu (20/10/2021).

Hingga kini, ungkap Ismail, capaian vaksinasi dosis pertama Sumut sebesar 41,31 persen. Sedangkan untuk vaksin dosis kedua mencapai 23,77 persen.

Dan untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Sumut, pihaknya mengaku terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Sehingga ketersediaan stok vaksin di kabupaten dan kota di Sumut terjamin.

"Kita berkoordinasi dengan Kemenkes. Insya Allah alokasi vaksin mencukupi. Kita imbau masyarakat yang telah mendapat dosis pertama, supaya kembali melaksanakan penyuntikan dosis kedua," ucapnya.

"Bagi masyarakat yang belum vaksin. Segera vaksin. Jangan pilih-pilih jenis vaksin tertentu baru mau vaksin. Karena semua varian vaksin baik untuk meningkatkan herd immunity," tambah Ismail.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk turut menerapkan pola hidup sehat dan bersih di tengah pandemi Covid-19. Sehingga tak mudah terserang virus dan penyakit.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved