Breaking News:

Cara dan Syarat Pengesehan RKS Dana BOS Tingkat SMP dan SD di Kota Medan

Setelah mendapat kode aktivasi, disana pihak sekolah akan diarahkan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) .

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Royandi Hutasoit
Ist
Ilustrasi dana BOS. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Dinas Pendidikan Kota Medan berulang kali didatangi sejumlah perwakilan sekolah untuk mengurus Rencana Kerja Syarat (RKS) Bantuan Operasional Sekolah tingkat SD dan SMP.

Padahal pelaksanaan pengesahan RKS BOS itu melalui secara online, bukan secara manual lagi. Ternyata banyak pihak sekolah yang tidak paham persyaratan-persyaratan untuk pengesahan RKS BOS. 

Berikut Tribun Medan rangkum persyaratan lengkap RKS BOS.

Pertama, pada persyaratan pelayanan pihak sekolah harus memiliki tiga hal yakni Surat Ijin Operasional Sekolah, Surat Keputusan yang ditanda tangani oleh Kepala Sekolah dan Bendahara. 

Untuk perlengkapan yang harus disiapkan pihak sekolah  dal pengesahan RKS BOS yakni sekolah harus mengambil kode aktivasi secara online di web resmi bos.kemendikbud.go.id 

Setelah mendapat kode aktivasi, disana pihak sekolah akan diarahkan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Sekolah ( RKAS).

Lalu mengajukan pengesahan RKAS di aplikasi ArKAS yang telah disediakan di halaman Web resmi bos.kemendikbud.go.id

Selanjutnya pihak sekolah akan diarahkan untuk mengerjakan buku output k7 yang telah disediakan di laman web. 

Terakhir pelaporan di K7 akan tampil kembali di laman bos.kemendikbud.go.id

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Topan menyatakan bahwa pelayanan pengesahan RKS BOS itu tidak perlu berhari-hari dan ke kantor Disdik  jika para pihak sekolah memahaminya.

"1 hari selesai biasanya jika mereka memahami dan jaringan sinyal bagus dan pengesahan ini tidak dipungut biaya apapun," ucapnya. 

Jika ada kesulitan, pihak sekolah juga tidak perlu ke kantor cukup menghubungi pengelola pengaduan di email disdikmedan17@gmail.com ataupun ke nomor telepon kantor (061)80089992.

(cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved