Breaking News:

TRIBUNWIKI

Sejarah RSUD Pirngadi Medan, Didirikan Sejak Zaman Belanda pada Tahun 1928

RSUD Pirngadi Medan terletak di Jalan Profesor HM. Yamin SH Nomor 47, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/RECHTIN
Gerbang depan RSUD Pirngadi Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi Medan tentu tidak asing di telinga masyarakat Kota Medan.

Rumah Sakit ini berada di bawah naungan Pemerintah Kota Medan.

RSUD Pirngadi Medan terletak di Jalan Profesor HM. Yamin SH Nomor 47, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Segari, Startup yang Dipilih Maudy Ayunda untuk Berinvestasi Karena Bantu Petani

Berikut sejarah Rumah Sakit Dr Pirngadi Medan:

1. Didirikan Zaman Belanda

Rumah Sakit Pirngadi didirikan tanggal 11 Agustus 1928 oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama “GEMENTA ZIEKEN HUIS”.

Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh seorang bocah berumur 10 tahun bernama Maria Constantia Macky anak dari Wali Kota Medan saat itu dan diangkat sebagai Direktur Dr. W. Bays.

Selanjutnya dengan masuknya Jepang ke Indonesia Rumah Sakit ini diambil dan berganti nama dengan “SYURITSU BYUSONO INCE” dan sebagai direktur dipercayakan kepada putra Indonesia “Dr. RADEN PIRNGADI GONGGO PUTRO” yang akhirnya ditabalkan menjadi nama Rumah Sakit ini.

Setelah bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 menyatakan kemerdekaannya, Rumah Sakit Umum Pirngadi langsung diambil alih dan diurus oleh Pemerintah Negara Bagian Sumatera Timur Republik Indonesia Sementara (RIS).

Dengan pergolakan politik yang sangat cepat saat itu pada tanggal 17 Agustus 1950 semua negara bagian RIS dihapus diganti dengan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Rumah Sakit Umum Pirngadi diambil alih dan diurus oleh Pemerintah Pusat/Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved