Breaking News:

Minyak Herbal Andalan Keluarga Anthony Ginting Tetap Laris Kala Pandemi

Ramuan tradisional warisan nenek moyang kembali mendapat panggung pada jaman serba digital. 

Penulis: Liston Damanik | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/LISTON DAMANIK
Pekerja mengemas produk Minyak Karo Lau Cih di dapur produksi di Jalan Jamin Ginting, KM 13,1, Kelurahan Laucih, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Senin (18/10/2021). Sekitar 80 persen penjualan Minyak Karo Lau Cih berasal dari penjualan online dengan memanfaatkan media sosial dan aplikasi digital seperti marketplace. 

TRIBUN MEDAN.com, MEDAN - Jutaan mata melihat Anthony Ginting dibawa dengan tandu keluar lapangan pada ajang Asian Games 2018.

Anthony berusaha menandingi Shi Yuqi dengan kondisi terpincang-pincang. Namun, akhirnya ia harus mengakui kalah dari atlet Tiongkok itu.

Melihat Anthony kesakitan, ibunya pun memberikan minyak herbal khas suku Karo, Sumatera Utara, dan meminta Anthony untuk membalurkan ke kaki yang sakit.

Entah karena minyak itu atau tidak, dua hari kemudian Anthony Ginting telah pulih dan bangkit menaklukkan pebulutangkis andalan Jepang, Kento Momota, pada ajang yang sama.

Pengusaha minyak karo asal Medan, Nuansa Putra Kaban, mengatakan, kisah heroik Anthony Ginting itu membuat minyak karo dikenal di seluruh nusantara.

Ramuan tradisional warisan nenek moyang kembali mendapat panggung pada jaman serba digital. 

“Minyak karo menjadi sangat terkenal karena kabarnya dipakai Anthony Ginting pada Asian Games. Itu sangat monumental. Tak lama kemudian, saya diwawancarai beberapa stasiun televisi yang ingin meliput tentang minyak karo. Banyak orang yang mencari tahu apa itu minyak karo,” kata generasi ketiga pemilik usaha Minyak Karo Lau Cih itu, Senin (19/10/2021).  

Minyak karo atau minyak pengalun (urut/pijat) adalah ramuan istimewa yang terbuat dari dedaunan, akar, dan rempah dari Tanah Karo, Sumatera Utara.

Minyak yang dibalurkan ini banyak dipakai untuk pengobatan alternatif seperti untuk pegal-pegal, keseleo, digigit serangga, mempercantik kulit, sampai patah tulang.

Karena banyaknya khasiat minyak karo, maka tidak heran ramuan tradisional ini banyak dipakai banyak orang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved