Breaking News:

Buka Pelatihan BIM Arsitektur Angkatan 10, Kadisnaker Deliserdang Apresiasi Kinerja LPK MAT

LPK MAT berbeda karena kehadiran ilmu BIM Arsitektur menjadi satu-satunya LPK yang mengajarkan ilmu tersebut di Deliserdang.

TRIBUN MEDAN/HO
KEPALA Dinas Ketenagakerjaan Deliserdang, Binsar Sitanggang dan romnbongan melakukan kunjungan ke Lembaga Pelatihan Kerja Modern Arsitektur dan Teknologi (LPK MAT) di Kompleks Cemara Asri, Senin (11/10/2021) lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Ketenagakerjaan Deliserdang, Binsar  Sitanggang  melakukan kunjungan ke Lembaga Pelatihan Kerja Modern Arsitektur dan Teknologi (LPK MAT) di Kompleks Cemara Asri, Senin (11/10/2021) lalu. Kunjungan ini diisi dengan melakukan kegiatan monitoring sekaligus membuka kegiatan kelas pelatihan BIM Arsitektur Angkatan ke-10.  

Dalam kunjungannya, Binsar mengatakan, pihaknya mengaku bangga dengan proses belajar yang berlangsung di LPK MAT karena merupakan LPK di lingkungan Kabupaten Deliserdang yang unik dan berbeda dibandingkan LPK lainnya.

Dikatakannya, ada kurang lebih 35 LPK dengan jurusan yang bebeda. Tetapi MAT hadir sebagai LPK yang berbeda karena kehadiran ilmu BIM Arsitektur menjadi satu-satunya LPK yang mengajarkan ilmu tersebut di Deliserdang dan bahkan di Sumatera Utara.

“Secara umum jurusan LPK itu antara lain seperti menjahit, bordir, proses membuat kue, jurusan komputer, lalu salon kecantikan. Nah untuk jurusan yang dimiliki LPK MAT ini satu-satunya di Deli Serdang. Jadi kita patut bangga dan memberi apresiasi terhadap kinerja dan keberadaan LPK MAT ini. Nanti saya akan ceritakan ke Menteri Tenaga Kerja, Ibu Fauziah, bahwa salah satu LPK dengan ilmu BIM Arsitektur ada di Deliserdang,” katanya.

Kepada para peserta Angkatan ke-10, Binsar mengajak untuk belajar dan memanfaatkan fasilitas yang ada di LPK MAT secara bersungguh-sungguh.  Menurutnya, di bangku kuliah, belum tentu semua ilmu praktik  dapat dilakukan. Dalam praktiknya, jika seseorang bekerja dalam suatu badan usaha atau perusahaan, ilmu yang dipelajari di bangku kuliah hanya sekitar 10 persen. Sedangkan di LPK MAT dapat mempelajari dan memperoleh teknik-teknik yang berkaitan dengan jurusan Arsitektur yang lebih praktis.

“Ini ilmu yang luar biasa. Perkembangan perumahan sudah sangat pesat, baik itu secara personal maupun developer. Sekarang itu desain-desain rumah sangat unik dan dibutuhkan. Itu adalah hal yang menarik bagi masyarakat. Nah, itu semua tentunya berasal dari adik-adik yang sudah mempelajari ilmu tersebut di LPK MAT ini,” ungkapnya.

Seorang alumni LPK MAT Angkatan 1, Hari Irawan mengatakan, setelah belajar di LPK MAT, dirinya mengalami perubahan skill (kemampuan). Saat dirinya bertemu  pemilik usaha (owner) maupun pemimpin usaha, mereka bukan berasal dari latar belakang teknik. Ketika kita sodorkan gambar kerja, mereka bingung melihat gambar tersebut. Tetapi setelah adanya REVIT yang bisa merangkaikan animasi, proses kerja menjadi lebih simpel. 

Baca juga: 4 Masjid di Sumut Ini Miliki Desain yang Padukan Arsitektur Eropa dan Timur Tengah

“Inilah yang saya aplikasikan di lapangan dan ternyata cukup berhasil. Posisi saya terakhir adalah project manajer. Tapi sekarang saya diangkat sebagai salah satu Direktur Operasional di perusahaan saya. Ini adalah sebuah prestasi bagi saya. Dan bagi teman-teman yang baru masuk di LPK MAT, atau teman-teman yang sudah selesai, ini adalah salah satu batu loncatan atau wadah bagi kita untuk serius mengikutinya. Kegiatan pelatihan ini jika diikuti dengan serius akan menjadikan warna yang berbeda pada diri kita dibanding ketika teman-teman terjun langsung di dunia kerja nantinya,”  katanya.

“Setelah mengenal REVIT & BIM, hal pertama yang saya dapat di lapangan sebagai praktisi adalah, di lapangan itu tidak ada istilahnya lama. Karena kalau di dunia teknik, apalagi Teknik Sipil, saya sendiri dengan basic Sipil dan bukan Arsitek tidak mengenal istilah lama. Apalagi jarang sekali kontraktor mampu memberikan service kepada owner dari segi visual design,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan LPK MAT, Tony, S.T dalam kesempatan tersebut menguraikan capaian LPK MAT selama dua tahun berdiri. Menurutnya, pihaknya bersyukur karena kehadiran LPK MAT telah memberi warna baru dalam dunia pendidikan dan pengajaran Aristektur. “Kami berharap, kehadiran LPK MAT akan semakin bermanfaat untuk ke depannya,” katanya.(cr23/Tribun-Medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved