Breaking News:

Jalur Medan-Brastagi Kembali Telan Korban, Baskami Desak Percepat Pembangunan Jalur Alternatif

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mendesak Kementerian PUPR, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II,

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting 

TRIBUN-MEDAN.com, SUMUT - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting mendesak Kementerian PUPR, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemkab Karo, Deliserdang untuk percepat pembangunan jalur alternatif Medan-Berastagi.

Pernyataan Baskami tersebut, menyusul peristiwa nahas yang terjadi di area itu akibat longsor, Sabtu (23/10/2021) lalu.

"Jalur itu (Medan-Berastagi) sudah berkali-kali longsor, kemudian terjadi penyempitan di beberapa titik yang bisa mengakibatkan kemacetan parah sampai beberapa jam. Sudah banyak keluhan masyarakat yang kami dengarkan," katanya, Senin (25/10/2021).

Menurut Baskami, perlu ada perhatian khusus terhadap kondisi jalan Medan-Berastagi, mengingat jalur itu sebagai satu di antara gerbang menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba (KSPN).

Baca juga: Tentang Pemukulan Pasar Gambir, Baskami Ginting: Jangan Ciderai Rasa Keadilan

Tak hanya itu, menurut Baskami, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Tanahkaro, Kabupaten Dairi juga ikut terdampak, bila jalur tersebut kerap terjadi masalah.

"Orang-orang akan berkurang minat ke sana, bila jalur itu sering bermasalah. Harus segera dipercepat pembangunan jalur alternatifnya," jelasnya.

Baskami juga menilai, proses distribusi pasokan sayuran dan buah-buahan yang berasal dari Kabupaten Karo, Dairi, Pakpak ke Kota Medan dan sekitarnya akan terganggu.

"Banyak dampak negatif yang akan kita terima bila jalur ini terganggu," tambahnya.

Kader PDI Perjuangan itu menjelaskan, pihaknya juga sudah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan beberapa stakeholder.

"Sudah dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi D DPRD Sumut dengan pemprov Sumut yakni Dinas Binamarga dan Bina Konstruksi, BBPJN, pemkab Karo, Deli Serdang dan DPRD Karo," jelasnya.

Baca juga: Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting Berkunjung ke Harian Tribun Medan

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved