Breaking News:

GoPay dan BEI Sasar Investor Muda di Program FinanSiap

Data per September 2021, tercatat 59,23 persen dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun. 

HO
GoPay dan BEI Perluas Program FinanSiap Untuk Cetak Investor Ritel Pemula, Selasa (26/10/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - GoPay bersama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan yang menyasar kelompok usia muda.

Seperti diketahui, saat ini kelompok usia muda menjadi kelompok investor retail terbesar di pasar modal Indonesia.

Baca juga: Materi Belajar Sejarah: Mengenal Masa Kejayaan dan Kemunduran Kerajaaan Sriwijaya dan Peninggalannya

Hal ini juga sebagai wujud kolaborasi yang diselenggarakan sebagai bagian menyemarakkan Bulan Inklusi Keuangan (BIK). 

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan program FinanSiap didesain untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi. 

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020, dan bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu. 

Data per September 2021, tercatat 59,23 persen dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun. 

Namun demikian, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga yang dilakukan OJK pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan menunjukkan hanya 38 persen dari total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

"Dengan ini harapannya bersama BEI, kami dapat mengedukasi calon investor pasar modal agar dapat berinvestasi sesuai dengan profil risiko masing-masing, " tuturnya. 

Baca juga: Oknum Polisi yang Didakwa Jual Sabu Tangkapan Minta Dibebaskan Hakim Karena Alasan Ini

Berkaitan dengan hal ini juga, Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menyampaikan, Gopay, Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian kita semua, yang tidak hanya memiliki keterlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap. 

"Program edukasi FinanSiap ini sangat positif dan sejalan dengan target edukasi pasar modal yang selama ini dilakukan oleh BEI," ujarnya. 

"Untuk itu, kami menyambut baik kolaborasi ini untuk meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal sambil memastikan pesan yang disampaikan sejalan dengan misi kita untuk mencetak investor ritel pemula yang cerdas," sambungnya. 

Harapnya, sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia.

(cr9/Tribun-Medan.com)  

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved