Breaking News:

Hadiri Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Yusuf Siregar Bilang Tumbuh Kader-kader Perubahan

Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar membuka kegiatan program desa peduli pemilu dan pemilihan di Aula Kantor Desa Tembung

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar membuka acara rapat koordinasi membahas pelaksanaan fungsi monitoring dan evaluasi serta program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Deliserdang.  

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Wakil Bupati Deliserdang Yusuf Siregar membuka kegiatan program desa peduli pemilu dan pemilihan di Aula Kantor Desa Tembung, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. 

Dalam kegiatan itu, Yusuf Siregar juga menyerahkan piagam penghargaan terhadap perwakilan peserta yang hadir. 

Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar mengatakan, pemerintah selalu memberikan perhatian terhadap pembangunan desa. Apalagi, desa merupakan wujud penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Dan, pemerintahan desa merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Karena itu, demi mendukung kegiatan pembangunan yang di desa khususnya dalam membangun kesadaran demokrasi diselenggarakan acara tersebut. 

"Melalui berbagai inovasi dan kreativitas, salah satunya adalah kegiatan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Provinsi Sumatera Utara," ujarnya. 

Ia menambahkan, program desa peduli pemilu dan pemilihan Provinsi Sumut merupakan program pendidikan pemilih untuk mendorong partisipasi pemilih. Lewat kegiatan tersebut akan terwujudnya kesadaran serta pengetahuan terkait kepemiluan. 

Kemudian, bisa meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat terkait pemilu serta pemilihan dalam rangka memperkuat basis penerimaan, dukungan, partisipasi dan kepercayaan masyarakat. 

Menurutnya, partisipasi pemilih pada setiap pelaksanaan pemilu maupun pemilihan selalu menjadi pembahasan penting. Meski bukanlah satu-satunya tolak ukur, partisipasi erat dikaitkan dengan keberhasilan menyelenggarakan proses demokrasi dan legitimasi terhadap hasilnya. 

Ia menyatakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memandang tren naik dan turunnya partisipasi pemilih merupakan tantangan yang harus diperhatikan. 

Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan pemilu maupun pemilihan, program-program inovatif selalu digulirkan untuk memastikan kepedulian masyarakat pemilih tetap terjaga pada setiap proses-proses demokrasi di sekitarnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved