Breaking News:

Jumlah Investor Pasar Modal Catat Rekor, Capai Angka 6,61 Juta Per Oktober 2021

Pasar modal Indonesia yang saat ini terus dibanjiri oleh aliran dana yang, otomatis membantu pergerakan ekonomi yang terus bertumbuh.

TRIBUN MEDAN/HO
INVESTASI SAHAM - Pergerakan pasar modal terlihat melalui layar RTI Business di kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Jatim di Surabaya, Rabu (10/6/2020). Investasi melalui reksa dana saham dapat menjadi alternatif investasi yang bisa dilakukan dari rumah. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Tren digitalisasi selama masa pandemi Covid-19 memberikan berkah bagi peningkatan jumlah investor di pasar modal Indonesia. 

Selama masa pandemi, dapat dilihat banyaknya para pelaku investasi yang beralih ke pasar modal. 

Baca juga: Babak Baru Kasus KD, Haters Ayu Ting Ting, Anak Umi Kalsum Serius Ingin Penjarakan Kartika Damayanti

Salah satu yang melatarbelakangi kondisi ini dikarenakan adanya dana-dana yang sebelumnya bergerak di sektor riil, ternyata tidak berjalan efektif selama masa new normal ini. 

Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Utara, Muhammad Pintor Nasution, mengatakan, di sisi lain, pasar modal Indonesia yang saat ini terus dibanjiri oleh aliran dana yang, otomatis membantu pergerakan ekonomi yang terus bertumbuh.

"Momentum ini menjadi kesempatan bagi sektor riil untuk bergerak kembali setelah pandemi berakhir, untuk mencari alternatif pendanaan melalui pasar modal, "

"Selain supply dana-dana dari investor yang sudah tersedia, maka bagi perusahaan-perusahaan yang belum Go Public juga dapat memanfaatkan momentum ini untuk melakukan Initial Public Offering (IPO), " tutur Pintor, Selasa (26/10/2021). 

Dikatakannya, sepanjang tahun 2021, jumlah investor di pasar modal Indonesia mencatatkan rekor pertumbuhan tertinggi sepanjang sejarah 44 tahun pasar modal Indonesia. 

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal sudah mencapai angka 6,43 juta investor per akhir September 2021, bahkan kini telah mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu. 

Baca juga: Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Sergai 44,20 Persen, Bupati: Harus Kembali ke Zona Hijau

Angka ini mencatatkan kenaikan dibandingkan posisi akhir 2020 sebesar 6,10 juta. 

Berdasarkan data KSEI per 30 September 2021, jumlah investor pasar modal Indonesia telah mencapai lebih dari 6.287.350 SID, termasuk di dalamnya adalah 2,9 juta SID saham. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved