Breaking News:

Sosok Sudi Silalahi, Jenderal Batak dari Tanah Jawa Kepercayaan SBY

Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi meninggal, Senin (25/10/2021)

ist/net via tribunpontianak
Sudi SIlalahi (kiri) dan SBY 

TRIBUN-MEDAN.com - Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi meninggal pada Senin (25/10/2021) menjelang tengah malam.

Dia antara lain pernah menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tak hanya menjadi anggota kabinet, Sudi juga adalah orang dekat SBY sejak mereka masih sama-sama menjadi taruna dan lalu aktif di militer. 

Saat Sudi menulis biografi berjudul Jenderal Batak dari Tanah Jawa pada 2011, misalnya, SBY bahkan sampai merasa harus memberi pengantar sekalipun Sudi mengaku tak hendak merepotkan dengan meminta itu. 

Seperti dikutip J Osdar lewat harian Kompas edisi 3 Oktober 2011, pengantar SBY di buku Sudi berjudul Pekerja Keras, Relijius, dan Setia.

Di situ, SBY bertutur perkenalannya dengan Sudi memutar balik waktu hingga ke 1971. 

”Waktu itu saya seorang sersan taruna, sedangkan Mas Sudi sudah berpangkat sersan mayor dua taruna, satu tingkat lebih tinggi dari pangkat saya," tulis SBY.

Cocok dengan SBY

Sosok Sudi langsung memberi kesan tersendiri bagi SBY.

Sudi sebagai senior di Akademi Militer bukannya menghukum sang yunior—hal yang disebut jamak dan membuat senior menjadi ditakuti—, alih-alih memberi nasihat. 

SBY mengenang Sudi semasa di Akademi Militer punya panggilan Pokdojid, akronim dari kelompok komando masjid.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved