Breaking News:

Dinas Koperasi UMKM Deliserdang Dorong Produk Lokal Rambnah Pasar Nasional dan Internasional

Kabupaten Deliserdang menjadi daerah bertumbuhnya banyak UMKM yang memproduksi makanan, minuman, kerajinan tangan, dan fesyen.

Penulis: Mollyzatul Ulfa | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MOLLYZATUL ULFA
Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd selaku Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Deli Serdang pada saat menghadiri acara Talkshow Peran Pemerintah Dalam Membantu Pelaku UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19, Rabu (27/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Kabupaten Deliserdang menjadi daerah bertumbuhnya banyak UMKM yang memproduksi makanan, minuman, kerajinan tangan, dan fesyen.

Pertumbuhan UMKM diawasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Deliserdang melalui kegiatan pembinaan dan pengembangan UMKM.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Deliserdang, Dra. Hj. Rabiatul Adawiyah Lubis, M.Pd berharap UMKM di daerah ini unggul dan dipasarkan secara nasional maupun internasional.

"Kami berharap UMKM yang ada di Kabupaten Deliserdang bisa berkembang dan terus up to date, bisa merambah sampai ke nasional dan internasional, tidak hanya di daerah kita saja,” ujarnya saat talkshow Tribun Medan, Rabu (27/10/2021).

Menghadapi tantangan pemasaran produk UMKM, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Deliserdang membuat marketplace yang bernama Deli Serdang Mall.

Deli Serdang Mall merupakan aplikasi digital yang memasarkan produk lokal produksi UMKM Deliserdang di www.deliserdangmall.com yang dibangun sejak 2019.

Selain itu, tambah Rabiatul, Dinas Koperasi dan UKM juga berkolaborasi dengan Dekranasda Kabupaten Deliserdang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deliserdang mengadakan Festival Kreasi Batik dan Tenun dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2021 yang lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan serta mempromosikan batik dan tenun hasil kreasi dari pengrajin batik dan tenun Deliserdang.

"Tiga dinas berkolaborasi dengan Dekranasda Kabupaten Deliserdang membuat Festival Kreasi Batik dan Tenun ini secara online, jadi untuk pemasarannya bisa dari Deli Serdang Mall juga P3UD," kata Rabiatul.  

Dinas Koperasi Deliserdang turut memberikan fasilitas kepada para pelaku UMKM, seperti legalitas produk sampai rekomendasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rabiatul menerangkan, selain memberikan fasilitas berupa bantuan yang dibutuhkan pelaku UMKM, Dinkop juga memberikan peralatan untuk membantu mempermudah proses produksi para pelaku UMKM.

“Segala hal yang dibutuhkan UMKM yang bisa kita bantu pasti bisa kita berikan. Tetapi kita utamakan untuk UMKM yang kurang mampu,” jelasnya.

Dari segi pemasaran, Dinkop menyiapkan Deli Serdang Mall, P3UD, sampai membantu pelaku UMKM mempromosikan produknya ke media.

Rabiatul berharap, hal ini bisa menjadi dorongan dan pemicu untuk menjadikan UMKM lebih baik lagi dan bisa menembus pasar luar negeri.

“Dinas Koperasi berusaha menjadi mitra untuk kerjasama yang baik, antara pelaku UMKM Deliserdang dengan Pemerintah Deliserdang,” Tambahnya.

"Kita berharap segala bantuan yang sudah diberikan bisa dimaksimalkan oleh pelaku UMKM. Kami sangat berharap bisa sinergi antara Dinas Koperasi dan juga pelaku UMKM," pungkasnya. (cr20/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved