Breaking News:

PLN Investasi Rp 11,9 Miliar untuk Alirkan Listrik ke 13 Desa

Pembangunan kontruksi infrastruktur kelistrikan tersebut senilai Rp 11,9 miliar yang dialiri untuk 13 desa serta 1.103 kepala keluarga.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
Tribun-medan.com/HO
Proses pembangunan jaringan tegangan listrik PLN di Kabupaten Tapanuli Utara beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penyaluran listrik hingga ke pelosok desa terus digencarkan oleh PLN. Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 76, PLN UIW Sumatera Utara membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 16.6 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan rendah sepanjang 25.24 kms serta 19 gardu distribusi dengan total daya sebanyak 925 kiloVolt Ampere (kVA).

Pembangunan kontruksi infrastruktur kelistrikan tersebut senilai Rp 11,9 miliar yang dialiri untuk 13 desa di beberapa kabupaten di Sumut untuk 1.103 kepala keluarga.

Ada pun desa yang ikut dialiri listrik, diantaranya empat desa di Kabupaten Nias, satu desa di Kabupaten Langkat, satu desa di Kabupaten Labuhan Batu Utara, satu desa di Kabupaten Dairi, dua desa di Kabupaten Deliserdang, tiga desa di Kabupaten Mandailing Natal dan satu desa di Kabupaten Karo.

“Kami ucapkan terima kasih dan sangat bersyukur kedatangan PLN yang sudah sejak bertahun-tahun kami rindukan masuk ke desa kami, sehingga setiap aktivitas kami tidak perlu lagi memakai obor dan minyak tanah, selain itu anak-anak juga bisa melaksanakan kegiatan belajar dengan baik,” ungkap Kepala Desa Sisarrahili Huruna.

Baca juga: PEMKAB Sergai Tunggak Pembayaran Rekening Listrik, PLN Putus Listrik Kantor DPRD

Peresmian listrik desa ini dilakukan secara hybrid (virtual dan daring) yang dipimpin langsung oleh General Manager, Pandapotan Manurung, di Balai Agung Astakona PLN UIW Sumut, Kamis (28/10/2021).

"Kehadiran jaringan dan akses listrik ini, turut berkontribusi dalam meningkatkan rasio elektrifikasi Sumatera Utara dari 98,62 persen menjadi 98,70 persen," ujar Pandapotan.

Pandapotan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang turut membantu proses pembangunan listrik desa ini.

"Harapannya dengan hadirnya listrik PLN di 16 desa ini maka akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," pungkasnya.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved