Breaking News:

Virtual Financial Expo, Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Sumatera Utara

Untuk meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat Sumatera Utara atas produk dan layanan jasa keuangan

Editor: Ismail
Dok. OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara
OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom IJK) Sumatera Utara dan stakeholder lainnya mengadakan “Virtual Financial Expo–Bangkitkan Ekonomi Sumut” pada tanggal 26-27 Oktober 2021 yang melibatkan 20 exhibitors dari Lembaga Jasa Keuangan di Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Untuk meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat Sumatera Utara atas produk dan layanan jasa keuangan, OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom IJK) Sumatera Utara dan stakeholder lainnya mengadakan “Virtual Financial Expo–Bangkitkan Ekonomi Sumut” pada tanggal 26-27 Oktober 2021 yang melibatkan 20 exhibitors dari Lembaga Jasa Keuangan di Sumatera Utara.

Acara ini merupakan bagian dari program Bulan Inklusi Keuangan yang dilakukan di seluruh Indonesia untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) serta upaya untuk mencapai target inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024.

Baca juga: OJK Luncurkan Cetak Biru Guna Percepat Transformasi Digital Perbankan

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori hadir dalam seremoni pembukaan acara. “Tingkat literasi dan akses keuangan masih belum merata antara daerah perkotaan dan pedesaan. Ini menjadi tugas kita bersama khususnya untuk lembaga jasa keuangan untuk bersinergi meningkatkan literasi keuangan masyarakat Sumatera Utara, khususnya yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal,” ujar Yusup.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H. Afifi Lubis, SH mewakili Gubernur Sumatera Utara, juga menyampaikan perlunya dukungan lembaga jasa keuangan untuk membuka jaringan kantor cabang dan agennya hingga ke pelosok Sumatera Utara.

Baca juga: Menko Airlangga Apresiasi Dukungan OJK Terhadap Pembiayaan bagi UMKM dan Sektor Informal

“Tugas kita pemerintah bersama perbankan untuk mengedukasi masyarakat agar rajin menabung dan dapat memanfaatkan produk kredit, KUR, asuransi tani, asuransi ternak untuk mengembangkan usaha produktif. Semoga kita semua bisa kembali pulih dari krisis pandemi ini”, harap Afifi.

Menyambut harapan tersebut, Lourentius Aris Budiyanto, Regional Head Bank Mandiri Region 1 selalu Ketua Forkom IJK Sumut menyampaikan bahwa industri Jasa Keuangan siap berperan sebagai agent of development mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui stimulus Kredit UMKM, Kredit Usaha Rakyat, Branchless Banking, dan program literasi dan inklusi keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: OJK Jaga Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Dukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Dalam Virtual Financial Expo ini terdapat 9 topik Webinar Edukasi Keuangan dengan topik yang sangat menarik seperti Pengenalan Produk Investasi, Pinjaman Online, dan Aset Kripto, UMKM Go Export dan Alternatif Pembiayaan UMKM, Asuransi Pengembangan Agrobisnis, serta Mekanisme Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan. Tingginya antusiasme masyarakat ditunjukkan dengan jumlah peserta yang mencapai lebih dari 2.000 orang.

Bersamaan dengan acara ini, OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara melakukan sosialisasi dan edukasi keuangan di Kepulauan Nias sebagai salah satu kategori daerah terluar di Sumatera Utara. Tidak hanya itu, OJK juga membuka layanan informasi debitur melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dan pengaduan bagi masyarakat di Kepulauan Nias sebagai salah satu rangkaian kegiatan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2021.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved