Breaking News:

TRIBUNWIKI

Daun Acem-Acem, Tanaman Liar yang Ternyata Memiliki Banyak Manfaat 

Meskipun dianggap tanaman liar dan tak jarang dianggap mengganggu lahan pertanian, ternyata daun acem-acem ini memiliki berbagai manfaat

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/Muhammad Nasrul
Peneliti dari Universitas di Kota Medan Eka Lestari Mahyuni, memegang daun acem-acem yang ternyata memiliki berbagai manfaat, di perladangan milik warga Desa Sumber Mufakat, Kecamatan Kabanjahe.  

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Dikenal sebagai tanaman liar yang tumbuh di berbagai tempat, ternyata bunga daun cinta atau yang dikenal dengan daun acem-acem memiliki berbagai manfaat.

Jika dilihat sekilas, tanaman ini tumbuh secara merambat dan memiliki tinggi sekitar 10 cm.

Tanaman ini, memiliki bunga berwarna ungu pada bagian ujungnya. Sedangkan ciri khas yang paling mencolok, ialah daunnya yang memiliki tiga kelopak dengan bentuk melambangkan hati. 

Meskipun dianggap tanaman liar dan tak jarang dianggap mengganggu lahan pertanian, ternyata daun acem-acem ini memiliki berbagai manfaat terutama bagi petani.

Baca juga: Intip Potret Kakak Perempuan Vincent Verhaag, Tak Kalah Cantik dari Jessica Iskandar

Tanaman yang memiliki nama latin Oxalis Debilis Varietas Corimbosa ini, ternyata memiliki zat yang dapat menghilangkan senyawa kimia dari cairan pestisida. 

Tentunya, dengan adanya zat ini dapat membantu petani untuk membersihkan dirinya setelah melakukan aktivitas menyemprot tanaman di ladang.

Diketahui, para petani banyak yang menggunakan daun ini untuk membersihkan tangan setelah menyemprot cairan pestisida. 

"Kalau kita lihat dari kebiasaan petani, banyak yang membersihkan tangan dengan daun ini karena tidak ada air di ladang. Nah setelah kita teliti, ternyata daun acem-acem ini punya zat saponin seperti sabun dan bisa mengikat pestisida," ujar seorang peneliti dari salah satu Universitas Kota Medan Eka Lestari Mahyuni. 

Diketahui, beberapa daun memang cukup banyak yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan karena adanya cairan di dalamnya.

Namun, untuk tanaman daun acem-acem ini setelah diteliti ternyata memiliki kekuatan untuk mengikat pestisida sehingga bisa mengurangi resiko petani terkena dampak buruk dari paparan cairan ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved