Breaking News:

Rincian Biaya Balik Nama Mobil Bekas yang Baru Dibeli

Tidak hanya BPKB yang harus di balik nama, namun Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK juga harus di balik nama.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Pekerja membersihkan mobil bekas yang dijual di Jalan Nibung Raya, Medan, Sabtu (20/6/2020). Pengusaha mobil bekas mengaku penjualan mobil bekas menurun drastis hingga 80 persen dampak pandemi Covid-19. 

TRIBUN-MEDAN.com - Banyak yang bertanya, berapa biaya balik nama mobil bekas? Hal ini ditanyakan ketika seseorang berencana membeli mobil bekas atau mendapat mobil dari lelang.

Sebenarnya, biaya balik nama mobil relatif bervariasi di setiap daerah. Beberapa komponen biaya balik nama mobil mengacu pada aturan perpajakan masing-masing daerah.

Perlu diketahui, balik nama merupakan proses mengganti data kepemilikan kendaraan yang sifatnya sah secara hukum.

Tidak hanya BPKB yang harus di balik nama, namun Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK juga harus di balik nama.

Dengan melakukan balik nama mobil, kelengkapan dokumen akan seratus persen menjadi hak milik pemilik baru, sehingga akan memudahkan dalam berbagai urusan, terutama terkait pajak tahunan kendaraan.

Seringkali orang tidak mengetahui berapa biaya balik nama mobil beserta persyaratannya yang harus dipenuhi. Masih banyak para pemilik mobil yang tidak mau mengurus prosesnya sendiri.

Biasanya alasannya adalah karena malas ataupun tidak tahu cara balik nama mobil. Sehingga balik nama dilakukan melalui calo ataupun biro jasa, sehingga biaya balik nama mobil ditentukan oleh perantara yang membantu tersebut.

 

Syarat balik nama mobil

Proses balik nama memang bisa dilakukan langsung di kantor samsat yang terdekat. Namun sebelum datang ke kantor samsat, sebaiknya pemilik mobil persiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan untuk memperlancar proses balik nama.

  • STNK asli dan fotocopy
  • KTP pemilik baru dan fotocopy
  • BPKB mobil dan fotocopy
  • Surat pengesahan cek fisik
  • Kuitansi pembelian mobil

Untuk berjaga-jaga dan tidak repot bolak-balik ke tempat fotocpopy, ada baiknya menyiapkan lembar fotocopy masing-masing dokumen tersebut sebanyak 2 lembar. Jangan lupa untuk membawa materai.

Prosedur balik nama mobil

Setelah mengetahui biaya balik nama mobil dan syarat dokumen yang perlu dibawa, pemilik kendaraan hanya perlu datang ke kantor Samsat setempat sesuai KTP.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved