Breaking News:

Fam Trip Disbudpar Sumut, Jelajahi Kabupaten Kota di Nias, Sambil Promosikan Potensi Alam dan Adat

Disbudpar Sumut jelajahi kabupaten kota di Nias untuk promosikan wisata dan adat istiadat masyarakat Nias

Editor: Array A Argus
HO
Fam Trip Disbudpar Sumut di Nias 

TRIBUN-MEDAN.COM,NIAS- Guna mempercepat kebangkitan pariwisata dan memicu pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kunjungan wisatawan pasca pandemi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dari tanggal 31 Oktober s/d 03 November 2021 mengadakan Farm Trip dengan daerah tujuan Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Gunung Sitoli.

Hari pertama Farm Trip ke Pulau Nias dimulai dengan mengunjungi Desa Wisata Hilisimaetano, Kecamatan Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Minggu ( 31/10/2021).

Desa Hilisimaetano adalah kawasan yang masuk 50 nominasi desa wisata Indonesia 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa Hilisimaetano merupakan satu desa adat tertua di Kabupaten Nias Selatan.

Baca juga: NIAS dan Mentawai Diguncang Gempa Tektonik, Berikut Penjelasan BMKG

Desa ini menyuguhkan berbagai atraksi Budaya Lompat Batu, Acara Budaya Famadaya Harimao, Maluaya (Tari Perang), Hoho, Fogaele, dan Fo’ere.

Desa ini juga memiliki tradisi kerajinan tangan yang masih dilakukan sampai sekarang. Seperti Anyaman, Pahatan, Ukiran dan Pandai Besi (Manofa).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata Nias Selatan Anggreani Dachi di Teluk Dalam, Nias Selatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Hilisimaetano yang menyambut dengan sangat meriah rombongan Fam Trip dari Disbudparsu dan menyajikan atraksi budaya yang luar biasa.

"Fam Trip ini adalah upaya mempromosikan pariwisata di Nias Selatan, sehingga pariwisata di Nias selatan dapat bangkit kembali setelah pandemi ini," katanya.

Baca juga: TERBONGKAR Oknum PNS Guru Cabuli 7 Murid di Nias, Paksa Korbannya Nonton Film Porno saat Belajar

Anggreani menambahkan, kegiatan yang diinisiasi oleh Disbudpar Sumut yang membawa Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Jurnalis/Media, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sumut dan Vlogger tersebut dapat membantu mempromosikan pariwisata di Kabupaten Nias Selatan.

”Beberapa teman Travel Agent sudah berkomunikasi dengan saya dan saya pikir Desa sudah sangat siap menerima tamu, dan Desa Wisata juga sudah menyiapkan paket-paket wisata, jadi jangan ragu untuk membawa tamu ke Desa Wisata ini," tegasnya.

Sementara itu, Kasie Sadar Wisata Disbudpar Sumut Ellysari Sitepu mwngatakan kegiatan Fam Trip mengunjungi ke Desa Wisata merupakan salah satu program pemerintah provinsi Sumatera Utara Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Musa Rajekshah yang menjadi pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan.

Baca juga: Hukuman Tiga Terdakwa Korupsi Pembangunan Sekolah di Nias Barat Diperberat Pengadilan Tinggi

Ellysari mendampingi peserta Fam Trip mengatakan sangat tersanjung dan terpesona dengan suguhan acara budaya yang sangat indah dan keren.

”Tujuan kami datang mengatakan bahwa Nias Selatan siap menerima kunjungan wisatawan," katanya.

Sedangkan Kepala Desa Hilisimaetano Imanuel Formil Dachi mengatakan sangat senang sekali menerima tamu dari Fam Trip Disbudparsu ini, Acara Atraksi budaya seperti ini bisa kapan saja kami lakukan asal ada permintaan dari pengunjung.(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved