Breaking News:

Kota Medan Mendominasi Pembiayaan Kredit UMKM

Kemudian kinerja kredit UMKM juga tampak pada segmen kecil sebesar 34 persen dari 13,58 persen menjadi 18,76 persen.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
Tribun-medan.com/HO
Dokumentasi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatra Utara Soekowardojo dalam kegiatan Bincang Bareng Media beberapa waktu lalu. (Tribun-medan.com/HO) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bank Indonesia (BI) KPw Sumut melihat jika pangsa kredit untuk UMKM menunjukkan pertumbuhan yang positif.

"Pangsa kredit UMKM mencapai 25,59 persen terhadap Kredit Total Sumatera Utara, meningkat dari triwulan sebelumnya sebesar 24,92 persen," ungkap Kepala BI KPw Sumut, Soekowardojo, Selasa (2/11/2021).

Di samping itu, kinerja kredit UMKM membaik didorong perbaikan pada seluruh segmen UMKM kecuali pada segmen menengah, diantaranya UMKM segmen mikro dengan persentase sebesar 27 persen, meningkat dari -17,61 persen menjadi -9,95 persen.

Baca juga: Terima Audiensi OPEMI, Kahiyang Ayu Pengin Kerjasama Besarkan UMKM Kota Medan

Kemudian kinerja kredit UMKM juga tampak pada segmen kecil sebesar 34 persen dari 13,58 persen menjadi 18,76 persen. Namun UMKM segmen menengah turun 40 persen dari 12,38 persen menjadi 6,32 persen.

Ada pun per September 2021, nominal kredit UMKM mencapai Rp58,9 triliun, meningkat dibanding Juni 2021 sebesar Rp 58,7 triliun. Risiko kredit UMKM juga tercatat menurun jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Soeko menyebutkan jika Kota Medan masih mendominasi untuk pembiayaan kredit UMKM sebesar 34 persen, kemudian diikuti oleh Deliserdang sebesar 11 persen.

"Secara spasial, realisasi kredit masih terpusat di Kota Medan dan daerah Pantai Timur lainnya sejalan dengan kapasitas ekonomi Sumatera Utara," ujarnya.

Sementara secara sektoral, seluruh sektor utama di Sumut kecuali industri pengolahan mengalami pertumbuhan kredit UMKM dengan total pangsa 84 persen.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved