Breaking News:

Baskami Ginting Soroti Maraknya Galian C Ilegal di Sumut

Ketua DPRD Sumatera Utara menyoroti tambang ilegal galian C yang semakin marak beroperasi

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting menyoroti tambang ilegal galian C yang semakin marak beroperasi tanpa memiliki izin resmi. 

Baskami Ginting Soroti Maraknya Galian C Ilegal di Sumut

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Ketua DPRD Sumatera Utara menyoroti tambang ilegal galian C yang semakin marak beroperasi tanpa memiliki izin resmi.

Baskami juga menilai, tambang-tambang galian C mengeruk pasir dan bebatuan di pinggir sungai maupun di kawasan dekat dengan destinasi wisata acapkali menimbulkan kerusakan lingkungan.

Menurut dia, maraknya operasi tambang ilegal harus ditindaklanjuti secara sungguh-sungguh oleh pemerintah.

"Saya mendapat laporan banyak tambang galian C yang melakukan penambangan terlebih dulu tanpa mengantongi izin dari pihak berwenang," katanya, Rabu (3/11/2021).

Baskami menjelaskan, per Desember 2020 lalu perizinan tambang harus melewati berbagai prosedur .

"Termasuk perizinan dari Bupati. Kemudian harus mengantongi izin dinas lingkungan hidup," tambahnya.

Baskami menjelaskan, bila proses penambangan dekat dan berada di aliran sungai maka harus memiliki izin Balai Besar Wilayah Sungai.

"Kemudian bila sudah mengantongi seluruh izin, maka melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) akan ditindaklanjuti hingga Gubernur. Gubernur memiliki kewenangan menindaklanjuti izin tersebut ke pemerintah pusat," imbuhnya.

Baskami menuturkan, melihat seluruh proses perizinan tambang tersebut, menurutnya semua pihak memiliki tanggung jawab yang sama.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved