Breaking News:

TP PKK Kota Medan Gelar Pelatihan Pembuatan Kue Bagi Kelompok UP2K

Dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam pembuatan kue, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam pembuatan kue, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Dalam rangka meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam pembuatan kue, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan menggelar pelatihan pembuatan kue bagi anggota kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK di gedung serbaguna PKK Jalan Rotan Proyek Petisah Medan. 

Pelatihan pembuatan kue bagi anggota kelompok UP2K ini dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution diwakili Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Ny Ismiralda Wiriya Alrahman.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta dari 5 Kecamatan ini menghadirkan narasumber Sri Susiani dari Dapur Reuni.

Dikatakan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution dalam sambutannya yang dibacakan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, kelompok UP2K masih membutuhkan pembinaan salah satunya adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan usaha peningkatan pendapatan keluarga. Artinya usaha kecil semacam UP2K PKK ini harus diimplementasikan dalam bentuk yang lebih rill.

"Kita harus memahami bahwa upaya pemberdayaan dan peningkatan usaha kecil melalui pendekatan program UP2K PKK merupakan salah satu alternatif pokok untuk menopang perekonomian masyarakat, terlebih dalam program  ini muatan perempuan sangat menonjol. Artinya peran perempuan dalam sektor sosial dan ekonomi pada akhirnya akan mampu menciptakan dinamika dan iklim kondusif dalam program pemberdayaan usaha kecil," katanya.

Menurut Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, melihat tantangan kedepan kita memerlukan strategi dan model kegiatan UP2K PKK maupun UMKM yang lebih tepat sesuai dengan program Pemko Medan yakni Satu Kelurahan Satu Sentra kewirausahaan
(Sakasanwira). Sebab pengembangan program UP2K PKK sangat cerah dan memungkinkan diangkat menjadi komoditas unggulan di sektor Ekonomi perkotaan.

"Melalui kegiatan pelatihan pembuatan kue ini kita harapkan dapat meningkatkan wawasan dan keterampilan kelompok UP2K PKK. Untuk itu para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Kepada narasumber saya mengucapkan terima kasih semoga ilmu pengetahuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kelompok UP2K PKK," ujarnya. 

Sebelumnya Ketua Pokja II, Ummy Zain Noval dalam laporannya menyampaikan pelatihan pembuatan kue bagi kelompok UP2K PKK ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan dalam pembuatan kue. Sehingga dapat menciptakan hasil produk yang lebih baik. Selain itu kegiatan ini juga untuk memberhasilkan kelompok UP2K PKK yang ada di Kota Medan.

"Kegiatan yang digelar selama tiga hari dari tanggal 27 Oktober sampai 29 Oktober ini diikuti 40 peserta dari 5 kecamatan yakni Kecamatan Medan Helvetia, Medan Tuntungan, Medan Labuhan, Medan Area dan Medan Tembung. Untuk Narasumber kita hadirkan dari Dapur Reuni," katanya. 

Selanjutnya Ny Ismiralda Wiriya Alrahman didampingi Ummy Zain Noval dan narasumber menyaksikan proses pembuatan kue yang dilakukan peserta dalam pelatihan tersebut.

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved