Breaking News:

Pembatasan Truk Melintas di Jalan Medan-Berastagi, Gubernur Akan Buka Jalur Alternatif Kutalimbaru

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi tengah memikirkan bagaimana caranya membuka jalur di kawasan Kutalimbaru untuk mempermudah akses lalu lintas

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwawancarai di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan usai Salat Jumat pada Jumat (5/11/2021).(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) gencar menyosialisasikan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 75 tahun 2021.

Permenhub itu membahas tentang Pengaturan Lalu Lintas Mobil Barang di ruas Jalan Batas Kota Medan-Batas Kabupaten Karo (Medan-Berastagi) dan ruas Jalan Batas Kota Pematangsiantar-Parapat.

Menindaklanjuti itu, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan berupaya mencari solusi.

Sebab, ruas Jalan Medan-Berastagi merupakan jalur logistik yang biasa dilalui truk pengangkut sayur mayur.

Baca juga: Ijeck Sentil Gubsu Edy Rahmayadi, Tegaskan Jangan Pilih Pimpinan OPD Berdasarkan Emosional!

"Kita bahas itu, kalau itu total kita setop, nanti tak makan orang Medan, tak makan sayur. Kalau truk itu berhenti, kentang, wortel, tomat, cabai merah, itu kan mayoritas dari situ," kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Jumat (5/11/2021).

"Ini lah langkah-langkah itu nanti kita atur. Apakah jam ganjil atau seperti apa. Nanti kita atur," tambahnya.

Di samping itu, untuk jangka panjang, Pemprov Sumut akan mempersiapkan jalur alternatif khusus bagi truk pengangkut logistik dari Berastagi menuju Medan, melalui kawasan Kutalimbaru.

Baca juga: Edy Rahmayadi Pastikan Tidak Ada Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru Bagi ASN di Sumut

"Tapi jangka panjang. Nantinya kita buka jalan yang lewat Kutalimbaru. Tapi itu memang jalan tak safety, nggak aman," ujarnya.

Selain itu, masih dalam pembahasan jangka panjang, Pemprov Sumut juga akan mempersiapkan jalan layang yang menghubungkan Kota Medan menuju Kabupaten Karo.

"Jangka panjang itu ya. Tapi pasti ada, tembusnya adalah ke Merek (Kabupaten Karo). Bentuknya jalan layang. Itu dananya nanti KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha)," ungkap mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved