Breaking News:

Wakil Bupati Deliserdang Lantik Pengurus SAKA Taruna Bumi, Penjelasan Singkat Tentang Organisasinya

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang sekaligus Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar melantik pengurus Satuan Karya (SAKA)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang sekaligus Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar melantik pengurus Satuan Karya (SAKA). 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Deliserdang sekaligus Wakil Bupati Deliserdang, Yusuf Siregar melantik pengurus Satuan Karya (SAKA) Pramuka Taruna Bumi 2021-2025. 

Acara pelantikan berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit, Kecamatan Sibolangit. 

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Deliserdang, Yusuf Siregar mengatakan, pramuka adalah mitra kerja dari kementerian maupun dinas. Karena itu, pramuka yang tergabung dalam satuan karya merupakan orang-orang yang punya minat dan bakat tinggi dalam bidang tertentu. 

"Kementerian ataupun dinas pertanian merupakan wadah bagi pembinaan pramuka penegak dan pramuka pandega yang tergabung dalam Satuan Karya (SAKA) Taruna Bumi," ujarnya saat menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. 

Ia menjelaskan, pembinaan SAKA Taruna Bumi dimulai sejak 1966 dengan nama kompi-kompi pramuka taruna bumi. Akan tetapi, dengan perkembangan gerakan pramuka dan pembangunan pertanian di Indonesia maka pada 1984 disempurnakan jadi SAKA Taruna Bumi

Menurutnya, SAKA Taruna Bumi terbentuk dengan tujuan wujudkan generasi muda yang cinta pertanian dengan menyediakan wadah pendidikan luar sekolah di bidang pertanian bagi pramuka penegak dan pramuka pandega. 

"Saya sangat senang atas pembentukan SAKA Taruna Bumi di Kwarcab Deliserdang. Saya harapkan kakak-kakak para pimpinan SAKA Taruna Bumi dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dalam membina adik-adik di SAKA taruna Bumi. Agar terwujud tujuan dan sasaran yang diinginkan dari SAKA Taruna Bumi," katanya. 

Adapun yang dilantik pada acara tersebut, yakni Kadis Pertanian Deliserdang, Ir Kamaluddin menjadi Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Taruna Bumi. 

Kemudian, Wakil Direktur III Polbangtan Medan  Merlyn Mariana jadi Ketua Satuan Karya (SAKA) Taruna Bumi beserta pengurus, Pamong Satuan Karya(SAKA) Taruna Bumi. Dan 5 krida yaitu Krida Pertanian dan Tanaman Pangan, Krida Tanaman Pangan, Krida Perikanan, Krida Peternakan dan Krida Tanaman Hortikultura.

(*)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved