Kegiatan Camping Ekowisata Gunung Toba di Hutan Lindung Resmi Dibuka, Diikuti Lebih dari 100 Peserta

Ia berharap dapat memberikan kontribusi pemikiran guna mengembangkan potensi ekowisata Samosir ke depan

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Ayu Prasandi
HO
Suasana kegiatan Camping dan Pameran Ekowisata Gunung Toba yang dilaksanakan di Hutang Lindung Ronggur Nihuta, Area HKM Raptamajaya, Jumat (5/11/2021).   

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Bupati Samosir Vandiko Gultom secara resmi membuka kegiatan Camping dan Pameran Ekowisata Gunung Toba yang dilaksanakan di Hutang Lindung Ronggur Nihuta, Area HKM Raptamajaya, Jumat (5/11/2021).

Dalam acara tersebut, ia berharap para komunitas yang terlibat mampu memberikan kontribusi guna mengembangkan pariwisata di Samosir.

Ia juga mengapresiasi Komunitas Peduli Samosir yang telah menginisiasi dan memulai kegiatan camping ekowisata tersebut.

Baca juga: Dikenal Kaya Raya, Ayu Ting Ting Berani Tolak Mentah-mentah Tawaran Profesi Menggiurkan Ini, Kenapa?

Ia berharap dapat memberikan kontribusi pemikiran guna mengembangkan potensi ekowisata Samosir ke depan, demi tercapainya visi mensejahterakan masyarakat.

“Kita harus akui bahwa Tuhan memberikan Kabupaten Samosir diberi anugerah yang luar biasa, keindahan alam dan budaya.

Namun demikian keindahan alam ini harus kita kembangkan dan kelola dengan baik,” ujar Vandiko Gultom saat dikonfirmasi pada Minggu (7/11/2021). 

“Beragam potensi ekowisata, adat istiadat dan budaya, wisata petualangan dan petensi lainnya. Potensi ini harus membutuhkan peran serta dari semua pihak untuk bersinergi dalam mengelola dengan baik secara profesional, dan muaranya tentu akan memberi manfaat bagi masyarakat lokal,” sambungnya.

Selanjutnya, ia juga berpesan agar panitia pelaksana tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan, sehingga tidak menimbulkan cluster baru penyebaran Covid-19. 

Kegiatan Camping dan Pameran Ekowisata ini diinisiasi oleh Komunitas Peduli Samosir dan Asosiasi Komunitas Perhutanan Sosial Samosir bekerjasama dengan KPH XIII Dolok Sanggul, Pemkab Samosir,  PHRI, LABB dan Pemuda Peduli Samosir. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari. 

Baca juga: 7 Emas Diraih Atletnya di Peparnas Papua, Pelatih Atletik NPC Sumut : Sangat Luar Biasa

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Ketua Komunitas Peduli Samosir Marlen Samosir, Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu (LABB), sejumlah Pimpinan OPD, PHRI, pegiat pariwisata dan pegiat budaya.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Asosiasi Perhutanan Sosial Kab. Samosir Philipus Pandiangan menyampaikan kegiatan ini akan diikuti kurang lebih 100 orang peserta baik dari dalam dan luar Samosir. Camping Ekowisata ini dilaksanakan kerjasama Koperasi Raptama Jaya di bawah kendali KPH XIII Dolok Sanggul. 

“Selain Camping rangkaian acara akan diisi dengan diskusi budaya dan pameran hasil hutan. Dirinya berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan menjadi agenda wisata rutin di Kabupaten Samosir kedepannya,” terangnya.

(cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved