Breaking News:

Koperasi Syariah Masjid ala Bobby Nasution Tuai Penghargaan

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ingin koperasi syariah berada di masjid-masjid di Kota Medan

Editor: Ismail
Dok. Humas Pemko Medan
Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution didaulat sebagai Tokoh Peduli Ekonomi Islam oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut di Kampus Lama Jalan IAIN Kelurahan Gaharu Kecataman Medan Timur Senin (8/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution ingin koperasi syariah berada di masjid-masjid di Kota Medan. Maka itu Program Masjid Mandiri pun kian massif dijalankan agar peradan umat bisa bermula dari rumah ibadah.

Tak ayal, kepedulian dan ide brilian tersebut untuk kebangkitan umat membuat Bobby Afif Nasution didaulat sebagai Tokoh Peduli Ekonomi Islam oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut di Kampus Lama Jalan IAIN Kelurahan Gaharu Kecataman Medan Timur Senin (8/11/2021).

Apa saja yang mendasari penyematan tokoh peduli ekonomi Islam tersebut? Menurut Rektor UIN Sumut Prof, Dr Syahrin Harahap, MA program keumatan Bobby Nasution yang bernama Masjid Mandiri layak diganjar penghargaan.

Kata Prof Syahrin, sebagai pemimpin di Kota Medan Bobby membawa semangat spiritualitas dalam setiap pembangunan yang dicanangkannya.

"Pembangunan Pak Bobby tak lepas dari spiritualitas, dan itu sesuai dengan sila ke satu. Pak Bobby membangun program masjid mandiri. Ini yang sudah sering dibicarakan, kalau Indonesia mau maju, maka majukanlah umat Islam," kata Prof Syahrin.

Program Masjid Mandiri adalah program pendidikan dan basis ekonomi keumatan di dalamnya. Bobby Nasution ingin membangun kemajuan ekonomi dan peradaban Islam yang dimulai dari Masjid.

"Saya pribadi baru mendengar konsep Masjid Mandiri ini dari ide yang dibawa anak muda soal masjid mandiri. Maka kami sampaikan penghargaan tokoh ekonomi Islam. Ini penghargaan lahir batin tak dibuat-buat. Negeri ini perlu pemikiran baru untuk umat. Bangkit dari masjid," lanjut Prof Syahrin.

Pada pertemuan tersebut juga digelar beberapa kerjasama. Pertama penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara UIN Sumut dengan Pemko Medan untuk pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Ada juga MoU untuk pelatihan koperasi syariah dalam upaya mendirikan koperasi syariah di masjid-masjid.

Kerjasama lainnya adalah jaminan masuk UIN Sumut tanpa tes kepada para pemenang MTQ di Kota Medan. Hal ini adalah permintaan khusus Bobby Nasution kepada Rektor UIN beberapa waktu lalu.

Mendapat penghargaan dari UIN Sumut, Bobby Nasution pun kembali menjelaskan apa itu Program Masjid Mandiri. Ternyata konsep ini adalah satu yang awal-awal dimusyawarahkan sesaat setelah dilantik menjadi Wali Kota Medan sekitar sembilan bulan lalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved