Breaking News:

Imigrasi Medan

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Musnahkan 60.916 Berkas DPRI

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan memusnahkan Sebanyak 60.916 berkas permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI)

HO / Tribun Medan
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan melaksanakan kegiatan pemusnahan arsip substantif keimigrasian, Senin (9/11/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan memusnahkan Sebanyak 60.916 berkas permohonan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia (DPRI), Senin (9/11/2021).

Arsip yang dimusnahkan ini terdiri atas fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi Akta Kelahiran, fotokopi Buku Nikah, fotokopi Ijazah, fotokopi Paspor, Surat Pernyataan Pemohon, Surat Pernyataan Izin Orang tua, Perdim 11 serta Kwintasi Pembayaran pada tahun 2018.

Pemusnahan arsip dilakukan karena kondisi ruang arsip yang sudah tidak memadai dan pemusnahan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, yaitu sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan prosedur penyusutan arsip.

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut, Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumag Tangga Devina Natalia Tarigan mengutarakan pemusnahan ini sudah sesuai prosedur yang berlaku.

"Pemusnahan arsip ini sudah sesuai pada Permenkumham Nomor 54 Tahun 2016 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia," ujarnya.

Penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Senin (9/11/2021)
Penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Senin (9/11/2021) (HO / Tribun Medan)

Selaku saksi dalam kegiatan pemusnahan arsip substantif keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan yaitu Bapak Herman Agus WKP selaku Arsiparis Ahli Pertaman Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI, Bapak Elvi Sahlan selaku Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumut, Ibu Desy Anggerainy selaku Kasubid Kekayaan Intelektual Kanwil Kemenkumham Sumut dan Arsiparis Ahli Muda Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Evy Sofia Manurung.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian oleh Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dan para saksi baik dari Kantor Wilayah maupun dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI.

Selain itu Perwakilan dari Biro Umum Sekretariat Jenderal menyerahkan Piagam Penghargaan Kepada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dalam pelaksanaan pemusnahan arsip sebagaimana diatur dalam Permenkumham Nomor 54 Tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 35 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved