Breaking News:

Bandara Halim Perdanakusuma Masih Beroperasi, Pemerintah Segera Umumkan Jadwal Revitalisasi

Kementerian Perhubungan memastikan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, masih tetap beroperasi.

Editor: Liston Damanik
istimewa
Halim Perdanakusuma. 

TRIBUN-MEDAN.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, masih tetap beroperasi seperti biasa di tengah kabar penutupan akibat rencana revitalisasi.

"Sampai dengan saat ini, Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi seperti biasa. Jadi penerbangan komersial, aktivitas kemiliteran masih berjalan seperti biasa," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Selasa (9/11/2021).

Sempat berembus kabar pemerintah akan melakukan penutupan Bandara Halim Perdanakusuma secara bertahap untuk penerbangan komersial. Penutupan Bandara Halim dilakukan untuk pelaksanaan revitalisasi, terutama perbaikan landasan pacu atau runway.

Adita menegaskan, penerbangan komersial baik berjadwal maupun tidak berjadwal di Halim Perdanakusuma masih berlangsung seperti biasa.

"Tentu kami akan menyampaikan jika nantinya akan ada perubahan-perubahan. Dan pasti akan memberikan waktu bagi maskapai, bagi para operator, juga bagi stakeholder yang terkait untuk mempersiapkan diri, jika kemudian nanti memang akan dilakukan revitalisasi dan sudah akan ditegaskan kapan akan dimulai," tuturnya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan, penutupan Bandara Halim dilakukan untuk pelaksanaan revitalisasi, terutama perbaikan landasan pacu atau runway.

"Saat ini tengah dibahas berbagai hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi ini yang memerlukan waktu kurang lebih satu tahun," ujar Novie dalam keterangannya, Sabtu (6/11/2021).

Novie mengatakan, pemerintah merencanakan penutupan Bandara Halim karena kualitas infrastuktur yang sudah tak layak dan perlu revitalisasi.

Ia menambahkan, pihaknya sedang membuat desain untuk revitalisasi yang mencakup rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase.

Penutupan Bandara Halim Perdanakusuma telah dibicarakan dalam rapat pada 1 November 2021. Rapat tersebut dipimpin oleh Executive General Manager PT Angkasa Pura II (AP II) Marsma TNI Nandang Sukarna.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved