Breaking News:

Pendaftar Calon Anggota KPU dan Bawaslu RI Masih Minim, Kemendagri Lakukan Sosialisasi di Sumut

Kemendagri melakukan sosialisasi Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu RI untuk periode 2022-2027.

Mustaqim / Tribun Medan
Plt Direktur Kewaspadaan Nasional Dirjen Polpum Kemendagri, Sri Handoko Taruna (kanan) hadir melakukan sosialisasi Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu RI masa jabatan 2022-2027, yang difasilitasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumut, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan sosialisasi Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu RI untuk periode 2022-2027.

Diketahui seleksi tersebut kini masuk dalam tahapan penerimaan pendaftaran, yakni mulai 18 Oktober 2021-15 November 2021. 

Sedangkan tahapan sebelumnya, yakni pengumuman pendaftaran telah dilakukan pada kurun tanggal 15-17 Oktober 2021.

Plt Direktur Kewaspadaan Nasional Dirjen Polpum Kemendagri, Sri Handoko Taruna mengatakan, dalam seleksi ini pihaknya menargetkan 600 orang pendaftar. Namun, hingga kini jumlah pendaftarnya masih minim.

"Sampai dengan hari ini pendaftar kalau kami berikan target 600 pendaftar. Sampai dengan kemarin (Selasa) nggak lebih sampai 200 orang," ungkap Sri Handoko, Rabu (10/11/2021).

Lantaran kondisi pendaftar masih minim, maka Polpum Kemendagri gencar melakukan sosialisasi, termasuk ke Sumut. 

Harapannya pada penutupan tanggal 15 November 2021 nantinya, jumlah pendaftar akan bertambah, termasuk calon penyelanggara maupun calon pengawas yang berasal dari Sumut.

"Ini yang buat kita ditugaskan ke Sumut untuk melakukan sosialisasi," ucapnya.

Usai penerimaan pendaftaran ditutup, maka tim panitia seleksi (Pansel) akan melakukan penelitian administrasi (10-16 November 2021). Selanjutnya hasil seleksi administrasi itu diumumkan pada 17 November 2021.

"Januari tahun depan harus sudah ada 14 orang calon Komisioner KPU RI dan 10 orang calon Bawaslu RI," ujar Sri Handoko.

Adapun tim Pansel KPU dan Bawaslu RI berjumlah 11 orang. Hal itu telah ditetapkan Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Para tim Pansel KPU dan Bawaslu RI, yakni Ketua merangkap anggota Juri Ardiantoro, Wakil Ketua merangkap anggota Chandra M Hamzah, Sekretaris merangkap anggota Bahtiar.

Lalu, Edward Omar Sharif Hiariej (Wamenkumham), Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved