Breaking News:

Aktualisasi Pancasila Meningkat di Sumut, BPIP Sambangi Baskami Ginting

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kunjungan ke DPRD Sumatera Utara

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting saat menyambut Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kunjungan ke DPRD Sumatera Utara. 

Aktualisasi Pancasila Meningkat di Sumut BPIP Sambangi Baskami Ginting

TRIBUN-MEDAN.COM, SUMUT - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan kunjungan ke DPRD Sumatera Utara. Kunjungan tersebut perihal pembahasan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di provinsi tersebut.

Kunjungan tersebut langsung diterima oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Baskami Ginting. Tak hanya Baskami, turut hadir Staf Ahli Ketua DPRD Sumut yang juga mantan Anggota DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan dan Sarma Hutajulu.

Kepada awak media, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga BPIP, Prakoso mengatakan, kedatangan rombongan tersebut membahas aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Dalam pengamatan dan perhitungan kami berdasarkan data yang diproxy dari Badan Pusat Statistik (BPS), Sumut mendapatkan nilai Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) sebesar 71,08," ujarnya, Kamis (11/11/2021).

Capaian tersebut, kata Prakoso merupakan kategori cukup. Dengan kriteria amat baik, 91-100, Baik , 76-90 Cukup,61-75.

Prakoso menjelaskan, Sumatera Utara termasuk role model dalam penelitian, mengingat provinsi tersebut merupakan daerah yang heterogen.

Prakoso mengatakan, perlu adanya penguatan sila pertama di Sumatera Utara terkait dengan penguatan toleransi intra dan antar umat beragama.

“Juga penguatan sila kedua di Sumatera Utara tentang kesempatan yang sama bagi penduduk penyandang disabilitas untuk bersekolah. Pelayanan publik yang dilakukan secara cepat,. Di samping itu, penting untuk mengurangi korban kejahatan pencurian, penganiayaan, pencurian dengan kekerasan, pelecehan seksual,” jelasnya.

Pantauan lapangan, kunjungan tersebut disertai Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Antonius Benny Susetyo. Direktur Jaringan Pembudayaan BPIP, Irene Camelyn.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved