Breaking News:

Bupati Taput Nikson Nababan Serahkan Bantuan Kepada Pelaku UMKM Terdampak Pandemi

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara gencar memulihkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19. 

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/ IST
Bantuan untuk UMKM diberikan secara simbolis di Kantor Dinas Koperasi Pemkab Tapanuli Utara, Rabu (10/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara gencar memulihkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19. 

Satu diantaranya langkah yang ditempuh Bupati Taput Nikson Nababan adalah menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM. 

Ia berharap bantuan yang sudah diberikan digunakan sebaik mungkin. Kerja yang baik dan jujur, selalu melakukan inovasi, dan kreativitas agar bantuan yang diberikan tidak sia-sia. 

Bupati Nikson berpesan kepada pelaku UMKM Taput bahwa usia boleh tua tapi pola pikir harus milenial.

"Bantuan peralatan produksi bagi pelaku UMKM ini bertujuan untuk mendukung kemajuan UMKM  Kabupaten Tapanuli Utara, hal ini dilakukan karena selama wabah Covid-19 kegiatan ekonomi masyarakat mengalami penurunan yang cukup drastis dan sangat mempengaruhi kepada laju pertumbuhan ekonomi," ujar Bupati Taput Nikson Nababan pada Kamis (11/11/2021). 

Menurutnya, UMKM menjadi pilar penopang perekonomian. "Keberadaan UMKM memiliki peranan besar dalam pembangunan sebuah daerah, khususnya partisipasinya dalam perekonomian yaitu menjadi salah satu pilar penopang perekonomian bagi negara," terangnya. 

"Untuk itu Pemkab Tapanuli Utara akan terus mendukung program-program yang bertujuan untuk memajukan UMKM yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara," sambungnya. 

Ia juga berharap para pelaku UMKM harus berinovasi dan berkreasi.  "Kepada seluruh jajaran, saya minta untuk terus berbelanja produk daerah kita sendiri, agar perputarannya bagus, dan pelaku usaha juga jangan takut untuk berkreasi dan berinovasi, karena itu tentu akan bisa menambah daya tarik konsumen, sehingga  pendapatan juga bisa meningkat," terangnya. 

Selanjutnya, Kadis Koperasi Pemkab Taput Herli Sinaga menjelaskan bahwa bantuan yang diterima saat ini merupakan tindak lanjut atas usulan Bupati Nikson Nababan kepada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumut melalui Dinas Koperasi Pemkab Taput.

"Bantuan yang diberikan Pemkab Tapanuli Utara  berupa 2 unit Kursi pangkas, 5 unit mesin pompa air, 3 unit gerobak tambal ban, 3 unit kompresor, 5 set ATBM, 1 unit mesin obras, 10 unit kompor gas, 10 buah tabung gas, 10 buah dandang, 10 buah wajan, 10 buah meja dan 10 buah kursi plastik," ungkapnya. 

Bantuan peralatan diberikan kepada 20 orang pelaku UMKM yang bergerak di bidang usaha kuliner 10 orang, usaha pangkas 2 orang, penjahit 1 orang, usaha ternak ikan 5 orang, usaha tambal ban 3 orang dan bantuan ATMB ke koperasi mega gotong royong dimana pelaku UMKM berasal dari beberapa kecamatan antara lain Sipoholon, Tarutung dan Sipahutar.

(cr3/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved