Breaking News:

Bawa Dua Gergaji Mesin ke Kementerian LHK, Lamtoras Laporkan Penebangan Liar Hutan Sihaporas

Morris menyayangkan aktivitas ini mengingat hutan itu telah mereka jaga  dan lokasinya dekat umbul yang menjadi penopang hidup masyarakat.

Penulis: Alija Magribi | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Baren Ambarita, mewakili Lembaga Adat Keturunan Oppu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) menyerahkan dua unit gergaji mesin kepada UPT Kawasan Pengelolan Hutan (KPH) II Pematangsiantar, Jumat (12/11/2021). Gergaji ini diduga dipakai untuk menebang hutan. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Perwakilan Lembaga Adat Keturunan Oppu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) menyerahkan gergaji mesin yang diduga dipakai penebang hutan Sihaporas, Pematang Sidamanik, Simalungun ke UPT Kawasan Pengelolan Hutan (KPH) II Pematangsiantar Kementerian Lingkungan Hidup, Jumat (12/11/2021).

Lamtoras yang datang bersama tetuanya, Opp Morris Ambarita, menyerahkan dua unit gergaji mesin dan menunjukkan bukti video dan foto-foto sisa aktivitas dugaan Illegal logging tersebut.

Morris Ambarita mengatakan, pada Kamis (11/11/2021) kemarin, ia mendengar suara pohon tumbang dan gergaji mesin saat sedang menyemprot hama di kebun jahe. Ia pun meminta warga lain untuk melihat ke hutan.

"Saya lagi nyemprot di ladang. Tiba-tiba dengar suara mesin potong dan pohon. Saya bilang ke warga untuk lihat ke hutan. Ternyata ada kegiatan penebangan dan menemukan dua unit chainsaw," ujar Morris. 

Morris menyayangkan aktivitas ini mengingat hutan itu telah mereka jaga  dan lokasinya dekat umbul yang menjadi penopang hidup masyarakat.

Baren Ambarita, tokoh masyarakat mengatakan pelaku perambahan hutan harus diadili.

Ia pun mengaku telah mengantongi identitas para pelaku perambahan hutan. 

"Informasi yang kami terima, mereka disuruh Sekretaris Desa Sihaporas untuk menebang pohon. Kabarnya untuk dijadikan bahan buat kandang (ternak) bersama pengusaha swasta," kata Baren.

Tigor Siahaan, Kepala Seksi Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH II Pematangsiantar mengapresiasi Lamtoras yang ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya hutan negara.

Tigor mengatakan akan mengerahkan tim ke lokasi dengan pendampingan dari masyarakat Sihaporas.

"Tentu hari ini juga bila berkenan unit kita akan terjun ke lokasi. Bila berkenan juga Bapak juga bisa mendampingi menunjukkan lokasinya," kata Tigor. (alj/tribun-medan.com) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved