Breaking News:

Bencana di Sumut

Bencana Marak di Sumut, Gubernur Edy: Hai Bupati dan Wali Kota, Kita Harus Siaga

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi angkat bicara soal maraknya bencana di sejumlah wilayah di Sumut. Edy meminta Bupati dan Wali Kota Siaga

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat memberikan keterangan kepada media usai me-launching aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Medan, Rabu (27/10/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara kerap dilanda bencana, baik itu banjir ataupun longsor.

Menurut Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, sejak jauh hari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan bahwa jelang memasuki akhir tahun, wilayah di Sumut akan sering diguyur hujan.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, maka Gubernur bersama Forkopimda Sumut pun di bulan September 2021 lalu menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana.

Hal itu pun turut dilaksanakan di kabupaten/kota.

Baca juga: Kejati Sumut Bidik Proyek Jalan Parsoburan yang Bikin Edy Rahmayadi Murka

"Tapi sudah kita siapkan ini secara profesional, BPBD semua sudah melakukan di situ. Dan sebelumnya kita sudah sampaikan, hai para bupati dan wali kota berdasarkan ramalah cuaca akan seperti ini begini. Oleh karena itu kita harus bersiaga untuk itu," jelas Edy, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Jumat (12/11/2021).

Selain bersiaga akan bencana, orang nomor satu di Pemprov Sumut itu pun telah menjelaskan kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah daerah agar bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan.

Sebab, bila alam terus mengalami kerusakan akibat ulah tangan manusia yang tak bertanggungjawab, maka dampaknya sudah pasti bencana akan terjadi.

"Alam ini kalau kita rusak, akhirnya alam ini yang merusak kita. Ini yang terus kita ingatkan. Jangan dirusak alam ini," ucap mantan Ketua Umum PSSI itu.

Baca juga: Edy Rahmayadi Murka, Proyek Jalan Rp 24 Miliar Diduga Dikerjakan Asal Jadi dan Sarat Korupsi

Diketahui, ribuan rumah di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dalam beberapa hari terakhir direndam banjir. Kepala BPBD Sergai, Henri Suharto menyebutkan banjir sudah melanda di empat kecamatan.

Bahkan perkarangan kantor Bupati Sergai pun pada Kamis (11/11/2021) turut digenangi banjir.

Peristiwa banjir juga melanda kawasan Kampung Aur, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Banjir merendam permukiman warga yang berada di bantaran Sungai Deli.

Lalu, di Kabupaten Deliserdang, tepatnya Desa Rumah Kinangkung, Kecamatan Sibolangit mengalami longsor pada Jumat (12/11/2021).

Dampak dari peristiwa alam tersebut, sejumlah rumah di desa tersebut mengalami kerusakan.(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved