Breaking News:

Kasus Covid-19 Melandai, Dinkes Karo Tetap Siagakan Tempat dan Nakes di Isolasi Terpadu

Saat ini, diketahui dari beberapa lokasi isolasi yang terisi hanya yang ada di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe saja.

Penulis: Muhammad Nasrul | Editor: Ayu Prasandi
Tribun-medan.com/ Nasrul
Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karo, melakukan pengambilan sampel rapid tes antigen terhadap tamu undangan pesta di Jambur yang ada di Jalan Kartini, Kabanjahe, Jumat (28/5/2021). (Tribun-medan.com/ Nasrul) 

TRIBUN-MEDAN.com, KARO - Beberapa waktu terakhir, perkembangan penyebaran kasus virus corona (Covid-19) di Kabupaten Karo, tercatat kian melandai.

Hal ini ditandai dengan semakin rendahnya kasus terkonfirmasi, selama kurang lebih satu bulan ke belakang.

Dengan penurunan kasus ini, tentunya jumlah Bed Occupancy Rate (BOR) atau tempat tidur yang digunakan untuk pasien semakin berkurang.

Saat ini, diketahui dari beberapa lokasi isolasi yang terisi hanya yang ada di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe saja.

Baca juga: Pencuri Motor Saat Salat Subuh di Masjid Belawan Ditangkap, Barang Curian Hanya Dijual Rp 1 Juta

Di Kabupaten Karo sendiri, pihak Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karo, menyediakan beberapa lokasi isolasi.

Adapun ruang isolasi ini, dibagi menjadi dua yaitu di rumah sakit untuk penanganan pasien dengan gejala berat.

Serta di lokasi Isolasi Terpadu (Isoter), yang ditujukan untuk pasien yang memiliki gejala ringan ataupun tidak bergejala.

Ketika ditanya mengenai penggunaan ruang isolasi terpadu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karo Arie O Lopiga, menjelaskan jika hingga saat ini pihaknya masih terus menyiagakan ruang isolasi ini.

"Ya kita masih terus sediakan fasilitas ini, dan itu memang harus tetap ada. Selain fasilitas, di sana juga kita tempatkan tenaga kesehatan untuk selalu berjaga jika sewaktu-waktu ada pasien," ujar Arie, Jumat (12/11/2021).

Diketahui, untuk ruang isolasi terpadu yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo berada di Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe. Untuk lokasi isolasi ini, memiliki sekitar puluhan tempat tidur yang disediakan sejak awal untuk merawat pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved