Breaking News:

Satu Partai Politik yang Baru Berdiri Telah Melapor ke Pemkab Deliserdang

Dari tiga partai baru yang sudah mendeklarasikan diri di tingkat nasional, ternyata baru satu partai saja yang sudah melapor.

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/INDRA SIPAHUTAR
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang Haris Binar Ginting 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Hingga saat ini beberapa Partai Politik (Parpol) baru yang menargetkan untuk ikut di Pemilu 2024 belum seluruhnya melaporkan kepengurusan ke kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Deliserdang. 

Dari tiga partai baru yang sudah mendeklarasikan diri di tingkat nasional, ternyata baru satu partai saja yang sudah melapor yakni Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora). 

Sementara untuk Partai Ummat dan Partai Buruh sama sekali belum ada melapor. 

"Kalau Partai Gelora sudah Desember 2019 melapor. Ya, mereka bawa SK yang dari Kemenkumham. Kalau untuk Partai Ummat sudah pernah datang tapi masih kordinasi dan lihat persyaratan saja, katanya sudah terbentuk (kepengurusan di Kabupaten),"ucap Kepala Badan Kesbangpol Deliserdang, Haris Binar Ginting Sabtu, (13/11/2021).

Sementara itu mengenai Partai Buruh, Haris pun belum mengetahui secara pasti apakah sudah terbentuk atau tidak karena juga belum ada melapor. 

Walaupun sudah melapor ke Kesbang Provinsi, Haris menyebut partai juga harus melapor ke Kesbang Kabupaten agar juga terdaftar. 

Disebut setelah laporan ke Kesbang baru kemudian nanti dilakukan verifikasi oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu. 

"Nanti akan dilakukan verifikasi faktual lagi sama KPU dan Bawaslu. Karena memang ada syarat yang sudah ditetapkan kalau untuk Kabupaten dan Kecamatan harus berapa persen (kepengurusan yang sudah terbentuk). Kehadiran-kehadiran Parpol baru ini jugakan bagus karena tentu akan berpengaruh dengan kehadiran dan partisipasi pemilih juga akan meningkat,"kata Haris. 

Mantan Kadis Kominfo ini mengatakan harapan supaya partisipasi pemilih meningkat adalah cita-cita bersama. 

Disebut Parpol adalah aset bangsa, karena menjadi wadah masyarakat menyampaikan aspirasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved