Breaking News:

Luhut Tolak Tarik Saham dari PT GSI meski Memanas Bisnis Tes PCR, Alasannya kalau Saya Mundur . . .

Luhut Pandaitan mengaku menolak menarik sahamnya di PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) usai menuai sorotan bisnis tes Polymerase Chain Reaction (P

Editor: Salomo Tarigan
maritim.go.id
Menko Marves Luhut Panjaitan 

TRIBUN-MEDAN.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandaitan mengaku menolak menarik sahamnya di PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) usai menuai sorotan bisnis tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Kemarin saya bergumul ya, artinya gumul gini. Karena jumlahnya juga kecil cuma berapa persen ya. Saya bilang kalau saya mundur. Lantas nanti ini kasihan dong orang sepertinya saya ninggalkan ya itu enggak kesetiakawanan. Ndak, ndak bagus," kata Luhut dalam wawancara dengan CNN TV pada Jumat (12/11/2021).

Luhut mengaku telah mengikhlaskan uang yang disumbangkan dirinya ke perusahaan tersebut untuk membantu penanganan Covid-19. Khususnya, untuk memastikan ketersediaan tes PCR di Indonesia.  

Baca juga: JADWAL LIGA 1 Persija vs Persib, 7 Pemain Muda Macan Kemayoran Absen, Termasuk Alfriyanto Nico 

"Saya enggak akan pernah menerima apa pun dari sana. Biarkanlah ada uang saya itu di situ. Itu biar saja proyek kemanusiaan," ungkap dia.

Di sisi lain, Luhut mengakui sempat khawatir bahwa bisnisnya tersebut menjadi konflik kepentingan atau konflik interest. Apalagi, dia juga merupakan koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Baca juga: MEMANAS Tudingan Menteri Jokowi Bisnis PCR Covid, Luhut Panjaitan Berani Diaudit dan Diperiksa KPK

Namun, dia memastikan bahwa perusahaan PT GSI itu didirikan tidak mencari keuntungan. Sejak awal, dia membuat perusahaan tersebut hanya untuk misi kemanusiaan.

"Setelah ada GSI ini saya bilang sebenarnya enggak bagus juga tuh bikin gitu. Walaupun tidak ada satu pun keputusan saya, saya ulangi keputusan saya untuk kepentingan itu ndak ada. Karena semua harus diaudit oleh apa BPKP. Jadi enggak ada sama sekali itu. Sama sekali enggak ada nol," tukasnya.

Sebagai informasi, nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi sorotan publik setelah disebut terlibat dalam bisnis tes PCR melalui PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).

Luhut memiliki saham di PT GSI secara tak langsung melalui dua perusahaan tambang yang terafiliasi dengannya, yakni PT Toba Sejahtera dan PT Toba Bumi Energi. Pejabat Istana lain yang namanya dikaitkan dalam kepemilikan saham di PT GSI adalah Menteri BUMN, Erick Thohir.

Luhut Siap Mundur Jika Terbukti Terima Duit dari Bisnis PCR

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved