Breaking News:

Pemprov Sumut Ingin Bangun RS Haji Bertaraf Internasional, Gubernur Sebut Terkendala Pandemi

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin akan mengajukan proposal pembangunan rumah sakit ini ke Bappenas.

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendapat dukungan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin terkait rencana pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Haji menjadi bertaraf internasional.

Saat ini, Pemprov Sumut telah mengelola Rumah Sakit Umum (RSU) Haji yang terletak di Kecamatan Percut Seituan, Deliserang.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan, RS Haji bertaraf internasional itu direncanakan akan dibangun berdampingan dengan mega-proyek Sport Centre yang berada di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang.

Ia berharap pembangunan ini segera terealisasi agar masyarakat Sumut bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik, tanpa perlu berobat ke luar negeri.

"Banyak sekali masyarakat kita yang berobat ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Kalau kita punya rumah sakit yang bertaraf internasional mereka tidak perlu lagi berobat ke luar negeri karena di sini juga ada rumah sakit yang bertaraf internasional," jelas Edy, Sabtu (13/11/2021).

Diungkapkan mantan Pangdam I Bukit Barisan itu, RS Haji bertaraf internasional direncanakan akan memiliki lima ribu kamar yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas dan pelayanan lengkap.

Pada Maret 2021 lalu seharusnya pembangunan RS Haji telah dilaksanakan. Namun, eksekusi pembangunan harus diundur lantaran terkendala situasi pandemi Covid-19.

"Kami akan bekerja keras mempercepat proses pembangunan ini karena sudah mundur dari jadwal semula. Kita minta dukungan dan doa dari masyarakat agar rumah sakit ini bisa segera terwujud," sebutnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin saat menerima rombongan Gubernur Sumut di Jakarta beberapa waktu lalu, mendukung pembangunan pengembangan RS Haji Medan bertaraf internasional.

Tentunya, bila terealisasi dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sumut.

"Kami tentu mendukung karena bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Jadi, masyarakat tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," ucap Budi.

Ia menambahkan, sebagai wujud dukungan, pihaknya akan mengajukan usulan pembangunan RS Haji ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

"Kami upayakan mengajukannya ke Bappenas. Mudah-mudahan disetujui sehingga ini bisa segera terealisasi," ucapnya. (ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved