Breaking News:

BTN Dukung Bobby Nasution Relokasi Warga Bantaran Sungai

Wali Kota Medan Bobby Nasution mendapatkan dukungan dari Bank Tabungan Negara (BTN) untuk relokasi warga dari bantaran sungai.

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution mendapatkan dukungan dari Bank Tabungan Negara (BTN) untuk relokasi warga dari bantaran sungai. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Wali Kota Medan Bobby Nasution mendapatkan dukungan dari Bank Tabungan Negara (BTN) untuk relokasi warga dari bantaran sungai.

Bank ini bersedia mendukung pembangunan perumahan untuk warga yang direlokasi dengan cicilan yang murah.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Bobby Nasution dengan Wakil Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu  di Ruang Khusus Wali Kota Medan.

Ikut dalam pertemuan itu DRM Support Kantor Wilayah BTN Waraneisena P. Wowor, Branch Manager BTN Medan Carly Tambunan, Branch Manager BTN Syariah Medan Triyantoro, Ketua REI Sumut Moko Panggabean, dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Zulkarnain Lubis.

Dalam pertemuan itu, Bobby Nasution mengungkapkan salah satu persoalan dalam penanganan banjir adalah merelokasi warga yang selama ini bermukim di bantaran sungai. Relokasi ini, sebutnya, membutuhkan rumah pengganti yang layak huni bagi warga.

Terkait itu, Bobby Nasution mengharapkan BTN dapat mendukung rencana ini agar warga yang direlokasi mendapatkan rumah yang layak huni dengan cicilan yang murah.

"Kami inginnya rusunami, bukan rusunawa," lanjut Bobby Nasution.

Untuk lahan pembangunan, sebut Bobby Nasution, mungkin dapat diupayakan oleh pemerintah dan pembangunan oleh developer.

Bobby Nasution melanjutkan, setidaknya ada beberapa manfaat jika program ini terwujud, yakni penanganan banjir, penyediaan rumah yang layak huni bagi masyarakat, dan pergerakan ekonomi.

Wakil Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu menyambut baik rencana ini. Dia mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Pemko Medan. Apalagi, lanjutnya, BTN memang concern dalam pembiayaan pembangunan properti.

"Kita banyak proyek-proyek seperti ini. Bunga yang kita berikan juga kecil dan dengan DP nol," ucapnya.

Ringan cicilan ini, lanjut Nixon, dimungkinkan jika pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat membantu dalam pengadaan lahan, fasum dan fasos-nya.  

"Yang pasti, kita siap berkolaborasi untuk mewujudkan rencana ini," ucap Nixon.

Pertemuan ini diakhiri dengan saling memberi cendera mata antara Bobby Nasution dengan Nixon LP Napitupulu.

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved