Breaking News:

Gaji Kades di Deliserdang Tidak Naik Tahun Depan, Kadis PMD: Seharusnya Disyukuri

Pemkab Deliserdang sudah memastikan tidak bisa menaikkan gaji dan tunjangan para kepala desa beserta seluruh perangkatnya untuk tahun 2022. 

Penulis: Indra Gunawan | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN
Ratusan Kepala Desa se-Deliserdang menjalani pelantikan beberapa tahun lalu di lapangan alun-alun Pemkab. 

TRIBUN-MEDAN.com, DELISERDANG - Pemkab Deliserdang sudah memastikan tidak bisa menaikkan gaji dan tunjangan para kepala desa beserta seluruh perangkatnya untuk tahun 2022. 

Dengan demikian, gaji kades dan perangkat desa di Deliserdang sudah dua tahun tidak naik karena tahun 2021 pun tidak ada kenaikan gaji. 

Alasannya karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat tahun ini juga masih rendah. 

"Belum ada kenaikan untuk tahun depan gaji Kades dan Perangkatnya. Ya masih sama dengan yang sekaranglah nanti. Ya masih banyak dipakai untuk penanganan Covid juga," ucap Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Deliserdang, Khairul Azman Harahap, Selasa, (16/11/2021).

Mantan Camat Percut Seituan ini mengatakan saat ini situasi juga masih dalam suasana pandemi sehingga berdampak pada kondisi ekonomi. 

Menurutnya, dengan keterbatasan keuangan, patut disyukuri bahwa Pemkab Deliserdang mampu mempertahankan besaran gaji yang ada. 

Di Deliserdang, ada 380 orang Kepala Desa. Sedangkan jumlah kepala dusun dan perangkat lain ada 4.134 orang. 

"Yang jelas kalau saat ini untuk menambah (kenaikan gaji) belum mampu. Kalau untuk pelayanan masyarakat harus tetap bisa baik. Kades pun harus bisa menggiatkan ekonomi masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang mendorong ekonomi masyarakat, untuk peningkatan PAD kita juga," kata Khairul.

Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Deliserdang mengajukan permohonan Kepada Kementerian Dalam Negeri melalui DPP APDESI untuk peningkatan kesejahteraan. 

APDESI berharap agar untuk gaji seluruh Kades diusulkan sama semuanya se Indonesia dan bisa ditampung dari APBN dan bisa setara dengan Lurah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved