Breaking News:

Mal Berlakukan Kembali Scan QR Code Pedulilindungi

Kita sesuai dengan SE, memberlakukan sistem tersebut di semua pintu masuk Delipark

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Petugas mal saat membantu para pengunjung menggunakan aplikasi Pedulilindungi di Plaza Medan Fair, Selasa (16/11/2021).(TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Aplikasi Pedulilindungi kini sudah mulai diterapkan kembali di beberapa mal kota Medan. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Medan pada 9 November lalu mengenai kebijakan kunjungan mal yakni pembatasan kapasitas pengunjung sebesar 75 persen dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi dan wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Artinya, saat ini seluruh mal di Medan sudah wajib berlakukan aplikasi Pedulilindungi yang sebelumnya masih diberi pilihan antara menggunakan aplikasi Pedulilindungi atau pun patuhi prokes dengan ketat.

Berdasarkan pantauan Tribun Medan, Selasa (6/11), saat ini hampir sebagian besar mal seperti Delipark Mall, Sun Plaza Medan, Plaza Medan Fair yang sudah memasang papan barcode PeduliLindungi.

Marcomm Delipark Mall, Gumi membenarkan jika saat ini Delipark sudah mulai mewajibkan para pengunjung menggunakan aplikasi Pedulilindungi.

"Sebenarnya dari awal pembukaan mal kita sudah persiapkan, cuma waktu itu kewajiban Pemko Medan belum seketat ini, akhirnya setelah keluar surat edaran pada bulan November ini, seluruh surat edaran dengan kategori hijau atau oranye, sudah wajib menggunakan aplikasi Pedulilindungi dengan Prokes ketat," ungkap Gumi, Selasa (16/11/2021).

"Kita sesuai dengan SE, memberlakukan sistem tersebut di semua pintu masuk Delipark," lanjutnya.
Sementara itu, Gumi mengatakan, jika Delipark Mal juga memberikan opsional bagi pengunjung yang memiliki kendala dalam melakukan scan barcode PeduliLindungi.

Baca juga: Kesawan City Walk Akan Dibuka Lagi 19 November 2021, Pengunjung Wajib Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

"Kartu vaksin sebagai alternatif lain yang bisa digunakan. Tapi yang utama itu menggunakan aplikasi Pedulilindungi, nah kartu vaksin ini hanya boleh digunakan jika ada kendala lapangan seperti sinyal atau pun aplikasi Pedulilindungi yang belum update," ujar Gumi.

Dikatakan Gumi, penggunaan kembali aplikasi Pedulilindungi di mal ini sebagai wujud dukungan pemerataan vaksinasi dan juga bentuk kenyamanan para pengunjung.

Ia juga mengatakan bahwa sejauh ini, para pengunjung yang hadir juga rata-rata sudah masuk melalui QR code Pedulilindungi dan ia menekankan jika pihak keamanan juga turut membantu para pengunjung untuk penggunaan aplikasi tersebut.

Senada dengan Gumi, Marketing Communication Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu juga membenarkan sudah memberlakukan aplikasi Pedulilindungi dalam sebulan terakhir.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved