Breaking News:

Rumah Sakit di Sumut Lemas, Klaim Biaya Penanganan Covid-19 Banyak Belum Dibayar

Menurut Azwan, klaim yang sudah sesuai ketentuan atau tidak dispute juga masih banyak yang belum dibayarkan pemerintah.

Penulis: Anisa Rahmadani | Editor: Liston Damanik
TRIBUN MEDAN/ANISA RAHMADANI
Kepala Persi Sumut Azwar Hakmi Lubis usai rapat dengan Wakil Ketua Komisi 9 DPR RI Ansory dan Dinkes Sumut Ismail Lubis,Selasa (16/12/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sumut Azwan Hakmi Lubis mendesak agar pemerintah segera membayar klaim pelayanan rumah sakit, terutama terkait penanganan Covid-19.

"Kami juga bingung dan pening sekarang, karena lebih banyak klaim yang belum di bayarkan," ucap Azwan di Kantor Dinas Kesehatan Sumut, Selasa (16/11/2021). 

Terkait banyaknya klaim dispute yang diajukan ke Dinas Kesehatan Sumut, Azwan menilai pihaknya dipersulit.

"Rumah sakit sudah memenuhi berkas secara prosedur, tetapi ada saja yang dipersulit sehingga klaim dispute terjadi," terangnya. 

Klaim mengalami dispute apabila terdapat ketidaksesuaian atau ketidaksepakatan antara pemerintah dengan rumah sakit atas klaim yang menyangkut pelayanan atau tindakan yang berdampak terhadap pembayaran klaim Covid-19.

Menurut Azwan, klaim yang sudah sesuai ketentuan atau tidak dispute juga masih banyak yang belum dibayarkan pemerintah alias menunggak.

Baca juga: Puluhan RS di Sumut Klaim Sengketa Biaya Covid-19, Total Biaya Rp 1,9 Triliun!

" Jadi, kawan-kawan RS sudah lemas juga ini," ucap Azwan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar yang datang ke Kantor Dinkes Sumut secara khusus menyoroti klaim dispute di RS GL Tobing yang mencapai Rp 11,53 miliar.

"Kita datang ke sini untuk menyelesaikan soal klaim ini. Adapun yang tidak dispute, itu akan direncanakan dibayar. Mungkin untuk tagihan tahun 2020 itu sudah ada uangnya. Untuk yang 2021 ini juga akan kita tekan Kemenkeu dan Kemenkes untuk membayarnya," pungkasnya. (cr5/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved