Breaking News:

BBPLK Medan Bangun Kemitraan dengan Konsulat Malaysia untuk Penyerapan Alumni Pelatihan Pariwisata

Sektor pariwisata merupakan sektor paling terdampak. Sejak tahun 2019, pandemi telah mengancam 13 juta pekerja di sektor pariwisata.

Editor: Ismail
Dok. BBPLK Medan
Kunjungan Konsul Pelancongan Malaysia, Hishamuddin Mustafa (17/11) yang diterima langsung Kepala BBPLK Medan, Andri Susila, S.T.,M.Si. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sektor pariwisata merupakan sektor paling terdampak pada masa pandemi Covid-19. Sejak tahun 2019, pandemi telah mengancam 13 juta pekerja di sektor pariwisata.

Namun demikian, seperti yang telah disampaikan Menteri Ketenagakerjaan RI bahwa sektor pariwisata adalah sektor yang memiliki paling cepat bangkit dari keterpurukan dibandingkan sektor lainnya.

Perkiraan ini mulai terbukti dari maraknya kebutuhan SDM industri pariwisata yang mengindikasikan bahwa roda ekonomi industri ini mulai bergelora.

Baca juga: Ada Ombus-ombus di Join Practice BBPLK Medan, 32 Peserta Aplikasikan Hasil Latihan Dua Bulan

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kementerian Ketenagakerjaan RI yang melaksanakan fungsi pengembangan pelatihan pariwisata selalu berupaya mendukung percepatan kebangkitan sektor pariwisata melalui pemenuhan SDM Kompeten yang sesuai kebutuhan industri.

Kunjungan Konsul Pelancongan Malaysia, Hishamuddin Mustafa (17/11) yang diterima langsung Kepala BBPLK Medan, Andri Susila, S.T.,M.Si.
Kunjungan Konsul Pelancongan Malaysia, Hishamuddin Mustafa (17/11) yang diterima langsung Kepala BBPLK Medan, Andri Susila, S.T.,M.Si. (Dok. BBPLK Medan)

Selain itu, penguatan jejaring kemitraan juga terus dikembangkan demi memaksimalkan penyerapan tenaga kerja yang berasal dari alumni pariwisata BBPLK Medan.

Seperti pada kunjungan Konsul Pelancongan Malaysia (17/11) yang diterima langsung Kepala BBPLK Medan, Andri Susila, S.T.,M.Si.

Pada kunjungannya, Konsul Pelancongan Malaysia, Hishamuddin Mustafa menyampaikan adanya kebutuhan tenaga kerja perhotelan sebanyak 500 orang di Negeri Sembilan, Malaysia.

Baca juga: BBPLK Medan Buka Pendaftaran Pelatihan Pariwisata, Cari 16 Peserta dengan Hobi Memasak

Menanggapi peluang ini, Andri Susila, selaku Kepala BBPLK Medan berkomitmen untuk mendukung pemenuhan SDM Kompeten tersebut melalui sistem pelatihan dan pemagangan yang ada di BBPLK Medan.

"Tentu saja, kami dari BBPLK Medan sangat senang dengan adanya kesempatan ini. Salah satu hal yang dapat dilakukan ialah melalui pemagangan, sehingga alumni pelatihan yang awalnya sebagai peserta magang diharapkan memiliki peluang lebih besar untuk menjadi pekerja di sana", ungkap Andri.

Sebagai upaya memastikan kenyamanan peserta pemagangan, didiskusikan pula rencana pemberian fasilitas berupa penginapan dan makan, serta honor.

"Semoga melalui kerjasama ini, kita dapat meningkatkan peluang kebekerjaan alumni pelatihan pariwisata BBPLK Medan", pungkasnya.

Baca juga: Ikuti Joint Practice di BBPLK Medan, Puluhan Peserta Siap Bersaing di Dunia Kerja

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved