Breaking News:

Rapat Bersama Wapres RI, Gubernur Edy Rahmayadi Minta Duit dari DBH Sebesar 40 Persen

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi minta duit DBH perkebunan sebesar 40 persen saat rapat dengan Wakil Presiden RI, Maruf Amin

Penulis: Mustaqim Indra Jaya | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Wakil Presiden RI, Maruf Amin saat berkunjung ke Sumut dan meminta pembangunan mal pelayanan publik, Rabu (17/11/2021).(TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA) 

TRIBUN-MEDAN.COM,MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi minta duit dari Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan sebesar 30 sampai 40 persen, saat rapat dengan Wakil Presiden RI, Maruf Amin.

Edy Rahmayadi minta duit DBH dengan alasan untuk menopang pembangunan di Sumut.  

"Kalau 30 persen saja, kami akan segera memajukan Sumut," kata Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman, Medan, Rabu (17/11/2021).

Dalam kesempatan itu, mantan Pangkostrad tersebut juga memaparkan kepada Wapres Maruf Amin bahwa jumlah UMKM di Sumut mencapai 1,1 juta unit.

Baca juga: Edy Rahmayadi Minta Pucuk DBH Dibagi Secara Adil di Hadapan Komisi XI DPR RI

Terdiri dari usaha mikro sebanyak 1 juta unit, usaha kecil 99.753 unit, usaha menengah 15.960 unit. Dari total itu dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 2,6 juta orang.

Menurut Edy Rahmayadi, penguatan UMKM menjadi salah satu fokus Pemprov Sumut dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Langkah antisipasi Sumut di masa pandemi fokus mengembangkan pasar di dalam negeri, dan memperkuat UMKM sebagai harapan bagi penyelamatan perekonomian Sumut," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Sumut Janji Menetapkan UMP 2022 Sumut Secara Adil, Edy Rahmayadi: Supaya Sumut Bermartabat

Upaya memperkuat UMKM di Sumut dilakukan dengan cara menyalurkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Adapun realisasi KUR di Sumut hingga 31 Oktober 2021 mencapai Rp 9,6 triliun.

Dan Pemprov Sumut memiliki program KUR yakni KUR Sumut Bermartabat yang disalurkan kepada pelaku UMKM melalui Bank Sumut.

"Pemprov Sumut juga memberikan bantuan kepada UMKM. Mulai dari bantuan peralatan, fasilitasi pemasaran digital, promosi hingga pameran produk UMKM di galeri milik Pemprov," ungkapnya.(ind/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved