Breaking News:

100 Calon Pensiunan Belajar Wirausaha, BSI Beri Bantuan Permodalan

Bersamaan dengan sosialisasi ini, Pemko Medan juga membantu para calon pensiunan untuk langsung diubah status dari ASN aktif menjadi pensiunan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Eti Wahyuni
TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI
Calon Pensiunan ASN saat berfoto bersama usai menerima pergantian status KTP dan kartu Taspen di Hotel Madani Medan, Kamis (18/11/2021).(TRIBUN MEDAN/KARTIKA SARI) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Region 2 Medan berkolaborasi dengan BKDPSDM Pemko Medan dan PT Taspen menggelar sosialisasi kewirausahaan kepada 100 calon pensiunan ASN di Madani Hotel Medan, Kamis (18/11).

Sosialisasi ini juga turut dihadiri Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Branch Manager Taspen Hadi Subagyo, Kepala BKD kota Medan, Zain Noval.

Bersamaan dengan sosialisasi ini, Pemko Medan juga membantu para calon pensiunan untuk langsung diubah status dari ASN aktif menjadi pensiunan.

"Ini sebagai apresiasi dari Wali Kota Medan kepada bapak ibu semua. KTP dan KK langsung kita ubah justru ini benar benar mempermudah. Dalam beberapa kegiatan atau pun aktivitas yang sangat membutuhkan identitas diri, ini mudah-mudahan membantu misalnya untuk kewajiban seperti pajak dan lainnya," ungkap Bobby.

Baca juga: SYARAT Dokumen dan Alur Pengajuan KPR Rumah Subsidi melalui BPJS Ketenagakerjaan

Di samping itu, berkolaborasi dengan BSI, para ASN juga turut diberikan sosialisasi wirausaha sebagai bentuk pembekalan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun agar dapat tetap produktif walau tak lagi memasuki masa aktif bekerja.

"Kita memberikan sosialisasi yang akan ada pelaku usaha untuk memberikan sharing mengenai usaha kepada para calon pensiunan ASN," ungkap Area Manager PT Bank Syariah Indonesia Area Medan Raya Puja Nur Arief.

Sementara itu, BSI bekerjasama dengan PT Taspen akan membantu penyaluran dana pensiun yang kini sudah menjadi mitra Taspen berbasis syariah urutan ke-7 dari 47 mitra Taspen lainnya.

"Fasilitas yang didapat oleh ASN ketika mendapatkan manfaat pensiunnya, seluruhnya dapat disalurkan melalui BSI diantaranya mendapatkan ATM smart card, untuk penarikan dana melalui ATM, transaksi belanja, beragam promosi merchant, bantuan permodalan melalui pembiayaan pensiun sejahtera, bahagia dan berkah, pemberian motivasi penguatan usaha produktif dan lainnya dengan layanan berbasis syariah," jelasnya.

Ada pun Daftar Pembayaran (Dapem) yang sudah ada di BSI per November 2021 sebanyak 9.184 penerima manfaat di wilayah kerja BSI Region 2 Medan.

Terkait hal ini, BSI juga memiliki program bantuan permodalan untuk ASN yang masuk purna tugas yaitu Program Pra Pensiun. Program Pra Pensiun ini memberikan dukungan finansial dengan maksimal Rp 350 juta untuk tenor 15 tahun.

"Pembiayaan ini dibuat untuk membantu calon pensiunan yang membutuhkan modal untuk buka usaha atau pun tujuan lainnya yang produktif," tutur Puja.

Sementara itu, para ASN calon pensiunan juga turut antusias mengikuti program sosialisasi kewirausahaan, diantaranya Hormat Ginting, ASN Dinas Pariwisata Kota Medan yang memasuki masa pensiun pada Bulan November ini.

"Kita senang ya dengan sosialisasi ini agar kami yang purna ini bisa tetap produktif. Setelah pensiun ini saya tertarik untuk berwirausaha seperti berdagang misalnya bisa kita online atau sewa kios agar bisa aktif sehari-hari kembali," ucap Hormat.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved