Breaking News:

Baskami Ginting: Sudah Saatnya Sumut Punya Perda Disabilitas

Baginya, belum ada kata terlambat untuk memperjuangkan perda tersebut.

Editor: Ismail
Tribun Medan/HO
Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting tatkala bertatap muka bersama Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumut, Kamis (17/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.COM, SUMUT - Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting mengatakan Sumut sebagai satu di antara provinsi terbesar di Indonesia sudah selayaknya memiliki peraturan daerah (perda) disabilitas.

Hal tersebut disampaikan Baskami tatkala bertatap muka bersama Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sumut, Kamis (17/11/2021).

"Negara tak boleh alpa mengenai keadilan terkait perlindungan dan hak-hak penyandang disabilitas dengan peran serta Pemerintah Daerah," katanya.

Baskami menjelaskan, sebenarnya perda disabilitas ini sempat menjadi pembahasan DPRD Sumatera Utara beberapa tahun lalu. Namun proses tersebut sempat terhenti.

Baginya, belum ada kata terlambat untuk memperjuangkan perda tersebut.

"Saya kira prosesnya memang panjang, kita akan mulai dengan proses naskah akademiknya dari berbagai perguruan tinggi yang ada. Kita juga meminta pendapat dari seluruh pihak dan instansi terkait," jelasnya.

Baskami juga berharap nantinya PPDI dapat berkontribusi besar dalam pembahasan perda tersebut.

"Ya, pembahasannya akan dilakukan di Komisi E dan kita akan dorong pembuatan ranperda untuk kemudian menjadi perda ini," tambahnya.

Politisi senior PDI Perjuangan itu menilai, selain UUD 1945, hak-hak penyandang disabilitas juga telah termaktub dalam UU nomor 8 tahun 2016.

Hal ini, kata Baskami juga mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2019 tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi terhadap Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved