Breaking News:

Bupati Langkat Sampaikan Nota Keuangan di DPRD Langkat, Segini Uang APBD Kabupaten Langkat

Bupati Langkat, Terbit Rencana Peranginperangin menyampaikan nota keuangan rancangan peraturan daerah (ranperda)

Editor: jefrisusetio
Istimewa
Bupati Langkat, Terbit Rencana PA menyampaikan pidato saat Sidang Paripurna DPRD Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.COM, STABAT - Bupati Langkat, Terbit Rencana Peranginperangin menyampaikan nota keuangan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Langkat tahun 2022. 

Pelaksanaan itu berlangsung di rapat paripurna di Gedung DPRD Langkat. 

Rapat paripurna berlangsung berdasarkan surat Bupati Langkat nomor 903-2281/BPKAD/2021 tanggal 8 November 2022 tentang penyampaian Rancangan RAPBD 2022 ke DPRD Langkat.

Lalu mendapat rekomendasi dari Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Langkat untuk diparipurnakan.

"Estimasi pendapatan daerah pada RAPBD 2022 sebesar 1.904.965.980.708 (1,9 miliar lebih). Terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar 120 miliar lebih, pendapatan transfer 1,736 triliun lebih dan pendapatan daerah lain-lain sebesar Rp 48 millar lebih," ujar Bupati. 

Ia menambahkan, belanja daerah pada APBD 2022 sebesar Rp 1.901.965.980.708,- yang terdiri dari belanja operasi sebesar 1,460 triliun lebih. Dan, belanja modal 86 milyar lebih, belanja tidak terduga Rp 11 miliar lebih dan belanja transfer sebesar Rp 344 milyar lebih.

“Sebesar Rp 3 milyar dialokasikan untuk penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Langkat ke Bank Sumut,” terang Bupati. 

Pandangan Umum Fraksi 

Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangiangin menyampaikan, kebijakan pembiayaan daerah APBD Kabupaten Langkat secara umum masih sama dengan kebijakan pembiayaan pada 2021. 

Penyampaian Ranperda APBD ini ditandai dengan ditandatanganinya berita acara penyerahan Ranperda dari Bupati Langkat kepada Pimpinan DPRD Langkat.

Selanjutnya ditanggapi oleh fraksi-fraksi DPRD Langkat melalui pandangan umum fraksi.

Dari fraksi Partai Golkar disampaikan juru bicaranya Edi Bahagia, fraksi Gerindra oleh H. Rahmanuddin Rangkuti, fraksi PDI Perjuangan oleh Pimanta Ginting.

Selanjutnya, fraksi PAN oleh Syamsul Rizal, fraksi Demokrat oleh H. Agus Salim, fraksi NasDem oleh Zulihartono, fraksi KPK oleh Suwarmin dan dari fraksi BPI melalui juru bicaranya Siti Nurhayati.

Ketua DPRD Langkat, Sribana Perangiangin meminta Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin menjawab semua pandangan umum fraksi-fraksi pada 12 November 2021. 

Turut hadir segenap anggota DPRD Langkat, Unsur Forkopimda, Dandim 0203/Lkt, para pejabat Pemkab Langkat, Pimpinan Parpol, Ormas dan Tokoh masyarakat/agama dan Pemuda, serta undangan lainnya. 

(*) 

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved