Breaking News:

Dukung Peningkatan Produksi PT Inalum, PLN Siap Pasok Listrik dengan Energi Ramah Lingkungan

Indonesia dikenal sebagai Negara dengan jumlah bauksit terbesar kedua di Dunia setelah Amerika Serikat. 

Penulis: Kartika Sari | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/IST
Anggota DPR KOMISI VII, Kementerian ESDM, dan PLN saat mengunjungi PT Inalum, Selasa (16/11/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Indonesia dikenal sebagai Negara dengan jumlah bauksit terbesar kedua di Dunia setelah Amerika Serikat. 

Memanfaatkan potensi tersebut, Inalum berencana meningkatkan kapasitas produksi dengan menggunakan bahan dasar Bauksit sebagai bahan utama produksi logam aluminium sebesar 1 juta ton.

Hal ini dibahas saat kunjungan kerja Komisi VII DPR RI, Kementerian ESDM dan PLN saat berkunjung ke Inalum pada Selasa (16/11/2021) lalu.

Dalam kunjungan kerja tersebut hadir Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimatan, M. Ikbal Nur, EVP RSP PLN, Supriyadi, General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, GM PLN UIP Sumatera Bagian Utara, Octavianus Padudung, GM PLN UIK Sumatera Bagian Utara, Purnomo dan Perwakilan dan Komisi VII DPR Lamhot Sinaga, Sugeng Suparwoto, Novri Ompusunggu, Nasril Bahar dan Bambang Wuryanto, serta Perwakilan Ditjen Gatrik, Rida Mulyana, dan Perwakilan Ditjen EBTKE, Chrisnawan Anditya.

Peningkatan kapasitas bauksit dari Inalum ini turut disambut baik Komisi VII DPR sejalan dengan program pemerintah untuk menggiatkan sektor perindustrian melalui peningkatan kapasitas produksi, dengan memindahkan perkembangan industri hulu menjadi industri yang mengolah barang jadi (hilirisasi).

"PLN siap memasok berapapun daya yang dibutuhkan oleh PT Inalum," ungkap Ikbal.

Dijelaskan Ikbal, hingga saat ini sampai 10 tahun ke depan berdasarkan RUPTL 2021 – 2023, kelistrikan Sumatera akan memiliki daya mampu sebesar 16.221 MW, dengan beban puncak sebesar 11.661 MW sehingga terdapat cadangan sebesar 4.561 MW.

Saat ini, proyek pembangunan PLTA Asahan 3 sudah masuk 40.78 persen dan tahun depan diperkirakan tahap pembangunannya akan semakin cepat.

Pada kesempatan tersebut rombongan melakukan juga melakukab site visit ke proyek PLTA Asahan 3 dan PLTA Sigura – gura.

Komitmen Indonesia Terhadap Perubahan Iklim Global sebagai upaya menurunkan emisi lewat penggunaan bauran energi EBT dan meningkatkan kualitas lingkungan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved