Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Syarat-syarat Terjadinya Interaksi Sosial dan Ciri-ciri Interaksi Sosial

Pada artikel ini menjelaskan tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Materi ini dilansir dari website belajar Kemendikbud.

Unsplash
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial dan ciri-ciri interaksi sosial 

TRIBUN-MEDAN.com - Pada artikel ini menjelaskan tentang syarat-syarat terjadinya interaksi sosial. Materi ini dilansir dari website belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Manusia sebagai makhluk sosial akan berusaha untuk melakukan interaksi dengan manusia lainnya.

Sangat jarang sekali bahkan hampir tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Maka dari itu, interaksi sosial sangatlah penting.

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok dan individu dengan kelompok.

Untuk mengetahui apa apakah interaksi yang terjadi adalah interaksi sosial atau bukan, Kita perlu juga mengenal berbagai ciri dan syarat terjadinya interaksi sosial di kehidupan.

Syarat terjadinya interaksi sosial
Syarat terjadinya interaksi sosial (ist)

Ciri-ciri interaksi sosial

Terdapat empat ciri-ciri sebuah interaksi bisa disebut sebagai interaksi sosial.

  • Pertama, Ada pelaku dengan jumlah lebih dari satu orang. Jika seseorang sendiri saja maka tidak akan terjadi interaksi.
  • Kedua, ada komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol. Simbol yang digunakan dalam komunikasi adalah bahasa. Bahasa bisa lisan (verbal) bisa bahasa isyarat.
  • ketiga adalah adanya dimensi waktu. Interaksi sosial bisa terjadi pada masa lampau, masa kini, dan masa mendatang. Terakhir, atau yang keempat, yaitu ada tujuan-tujuan tertentu. Interaksi sosial terjadi karena para pelaku interaksi sosial memiliki tujuan dalam menjalin sebuah interaksi.

Selain ciri, terdapat pula syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.

Ada dua syarat utama, yaitu kontak sosial dan komunikasi.

Kontak sosial merupakan bertemunya dua pihak atau lebih secara fisik, baik tanpa alat (langsung) maupun dengan alat (tidak langsung, contohnya seperti telepon, SMS, media sosial).

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved