Breaking News:

Prakiraan Cuaca di Sumut, 2-3 Hari ke Depan Masih Berpotensi Hujan, Ini Penyebabnya

Kepala BMKG wilayah I Hartanto melalui admin data mengatakan adanya daerah tekanan rendah (low) di utara Aceh dan laut China Selatan.

TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Awan hitam menyelimuti langit Medan, Jumat (30/10/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memaparkan sejumlah daerah yang diprakirakan yang bakal terdampak hujan lebat. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan peringatan dini kondisi cuaca 2 sampai 3 hari ke depan di Sumatera Utara.

BMKG menyebutkan dari hasil pemantauan BBMKG Wilayah 1 Medan, ada kecenderungan peningkatan aktivitas awan-awan hujan khususnya di wilayah Pantai Timur, pegunungan, dan lereng timur Sumatera Utara.

Kepala BMKG wilayah I Hartanto melalui admin data mengatakan adanya daerah tekanan rendah (low) di utara Aceh dan laut China Selatan sehingga memicu pertumbuhan awan hujan. 

Baca juga: Penyerangan Sekelompok Geng Motor di Patumbak, Kadus Sebut Warga Resah

"Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang dan petir dapat terjadi di wilayah tersebut.

Selain itu wilayah Sumatera Utara terdapat belokan dan konvergensi angin, yang juga dapat memicu pertumbuhan awan-awan hujan pada siang hingga malam hari," ujarnya, Minggu (21/11/2021) malam.

Untum daerah yang saat ini dilanda banjir, lanjut Hartanto khusus Tebingtinggi, Deliserdang dan Serdangbedagai berada di pantai timur Sumatera Utara.

"Hal ini dapat menyebabkan waspada banjir dan angin kencang di wilayah Pantai Timur dan Lereng Timur. Untuk wilayah pegunungan juga kita waspada angin kencang dan longsor," pungkasnya.

(mft/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved