Breaking News:

Transaksi di UMKM Expo di Mall Centre Point Medan Capai Rp 370 Juta

Hal ini, katanya, menunjukkan tingginya minat dan dukungan masyarakat terhadap berbagai produk UMKM Sumatera Utara.

Penulis: Angel aginta sembiring | Editor: Eti Wahyuni
Angel Aginta/Tribun-Medan
Suasana UMKM Toba Vaganza, Mal Centre Point Kota Medan, Rabu (17/11/2021) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Kepala OJK Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara Yusup Ansori menyampaikan bahwa jumlah transaksi pembelian produk UMKM selama event UMKM Expo di Mall Centre Point mencapai lebih dari Rp 370 juta.

Hal ini, katanya, menunjukkan tingginya minat dan dukungan masyarakat terhadap berbagai produk UMKM Sumatera Utara.

"Besar harapan kami rangkaian kegiatan UMKM Toba Vaganza dapat memberikan dukungan kepada pengembangan usaha pelaku UMKM, agar kita semua dapat membangkitkan kembali perekonomian demi mewujudkan Sumatera Utara yang Maju, Aman, dan Bermartabat," ujar Yusup.

Ada pun acara UMKM Expo di Mall Centre Point Kota Medan ini diikuti oleh 24 tenant UMKM unggulan Kota Medan dan Sumatera Utara. 24 tenant tersebut juga merupakan binaan perbankan yaitu Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI, Bank Sumut, Bank Mestika, Bank Wakaf Mikro, marketplace UMKM-MU OJK, dan Pemerintah Kota Medan.

Baca juga: Berita Foto: Bobby dan Kahiyang Tinjau tiap Stan di Pekan Kuliner Kondang UMKM dan Kesawan City Walk

Terdapat lebih dari 40 produk UMKM yang dihadirkan meliputi produk kerajinan tangan, kriya, fashion, perdagangan hasil bumi, mau pun kuliner.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, menyampaikan apresiasi kepada OJK dan harapan agar pelaku UMKM khususnya di Kota Medan dapat mendapatkan dukungan penuh untuk dapat mengembangkan bisnis baik di dalam maupun pasar luar negeri melalui ekspor.

Senada dengan Aulia, Staf Gubsu, Agus Tripriyono juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada OJK karena telah mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk UMKM. OJK telah berperan aktif untuk membantu masalah UMKM di Sumut dalam hal promosi, business matching, dan pelatihan.

"Program Go-Ekspor telah membuka mata peluang kita semua mengenai peluang ekspor untuk UMKM di Sumut," ungkapnya.

Kegiatan UMKM Expo ini juga dibarengi dengan pelatihan UMKM secara intensif setiap hari. Jumlah peserta pelatihan mencapai lebih dari 500 UMKM dan para pelaku UMKM telah mendapatkan berbagai topik pelatihan pengembangan usaha UMKM seperti pelatihan teknik pemasaran, strategi digitalisasi, cara ekspor produk, manajemen risiko bisnis, akses pembiayaan, hingga topik mengenai waspada investasi dan pinjaman online ilegal.

Selain itu, dalam acara penutupan ini turut dilakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolik dengan total sebesar Rp 1,6 miliar dari Bank Sumut, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BSI kepada 5 pelaku UMKM yang bergerak di sektor kerajinan tangan, konstruksi, dan kuliner.

Pemberian KUR ini diharapkan dapat membantu modal kerja dan pengembangan usaha bisnis pelaku UMKM.

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved