Breaking News:

Taman Nasional Gunung Lauser, Kini Jadi Lokasi Wisata Favorit Turis

Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. 

Penulis: Satia | Editor: Ayu Prasandi
Tribun Medan/Silfa Humairah
Wisatawan mengabadikan orang utan di TNGL dengan kamera. 

TRIBUN MEDAN.COM, LANGKAT -  Taman Nasional Gunung Leuser atau disingkat TNGL, adalah Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare. 

Dilansir dari Wikipedia, secara administrasi pemerintahan TNGL terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Provinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatra Utara yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat.

Baca juga: Imbas Ujung Jalan Tak Dilandaikan, Mobil Pengendara Terperosok ke Pinggir Beram Jalan Kapten Muslim

Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. 

Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman Nasional Gunung Leuser memiliki 3 (tiga) fungsi yaitu:

Perlindungan sistem penyangga kehidupan;

Pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya;

Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra ke daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2004, membuat Taman Nasional Gunung Leuser juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sebagai dasar legalitas dalam rangkaian proses pengukuhan kawasan hutan telah dikeluarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 276/Kpts-II/1997 tentang Penunjukan Taman Nasional Gunung Leuser seluas 1.094.692 hektare yang terletak di Provinsi daerah Istimewa Aceh dan Sumatra Utara. 

Baca juga: Pengusaha Ini Dilaporkan ke Polisi, Bertahun-tahun Telantarkan Istri dan Anaknya

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved