Breaking News:

Begini Pendapat Pengamat Terkait Program Penanganan Kebersihan di Kota Medan

Sejumlah langkah dan upaya terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam mengatasi masalah kebersihan di Kota Medan

Editor: jefrisusetio
istimewa
Sejumlah langkah dan upaya terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam mengatasi masalah kebersihan di Kota Medan. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sejumlah langkah dan upaya terus dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam mengatasi masalah kebersihan di Kota Medan.

Melalui berbagai kebijakan yang dikeluarkannya, menjadi bukti  bahwa menantu Presiden Joko Widodo  tersebut sangat serius dalam membenahi sektor kebersihan.

Bahkan, penanganan masalah kebersihan menjadi salah satu program prioritas yang harus dituntaskan. Selain memberikan rasa nyaman kepada masyarakat, juga ingin membawa  Kota Medan keluar dari predikat Kota Terjorok hasil penilaian Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Januari 2019.

Kebijakan  teranyar yang dilakukan Bobby Nasution dalam mengatasi persoalan kebersihan, mencanangkan program Kawasan Bersih lewat Surat Keputusan (SK) Wali Kota Medan No. 658.5/31.K/VIII/2021 tentang Lokasi Percontohan Kawasan Bebas Bersih di Kota Medan Tahun 2021.

Terhitung, ada 6 titik yang menjadi kawasan percontohan tersebut.

Adapun keenam lokasi itu yakni Kampung Sejahtera, Medan Petisah persisnya di Lingkungan 1 dan 3. Lalu, Lingkungan 4 dan 5 Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli serta Lingkungan 22 dan 23 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan. 

Kemudian, 3 pasar yaitu Pasar Induk Lau Cih, Pasar Bhakti dan Pasar Sentosa Baru.

“Langkah ini (program kawasan bersih) merupakan perwujudan dan komitmen untuk menjadikan Kota Medan bersih dan bebas sampah. Tujuan kita adalah untuk menangani permasalahan sampah agar terwujud Medan Bersih sehingga masyarakat dapat merasa nyaman,” kata Bobby Nasution dalam sebuah kesempatan baru-baru ini.

Tidak hanya itu saja,  suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini juga bermaksud agar program kawasan bersih ini dapat menjadi trigger bagi kecamatan lain untuk lebih peduli pada kebersihan kawasannya masing-masing.

Hal ini pun terbukti dengan semakin rutinnya kecamatan lainnya melakukan gotong royong dan masyarakat juga mulai sadar untuk ikut serta menjaga kebersihan tempat tinggal mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved